Cuma di 4 Negara Ini, MLBB Laku Keras!

negara laku keras mlbb

Aloha Vicigers! Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) menjadi salah satu gameplay yang populer baik di Indonesia maupun di beberapa negara di dunia. Game yang dikembangkan oleh Moonton Company ini sangat sukses. Kesuksesannya bisa dibuktikan dari perkembangan penggunanya sejak tahun pertama rilis hingga saat ini.

Gameplay ini dirilis oleh Moontoon, developer game China pada tahun 2016. Game ini dapat dimainkan secara gratis di smartphone kesayangan anda. Sejak awal diriliskannya Mobile Legends, game ini memang dirancang khusus untuk smartphone.

Dibalik kesuksesan Mobile Legends sekarang, salah satu developer game MOBA menuntut Moonton dengan tuduhan plagiarism. Developer game tersebut menganggap hero di dalam Mobile Legends memiliki kesamaan dengan hero di dalam game mereka.

Padahal developer Mobile Legends sudah mendaftarkan hak ciptanya. Bahkan jika diperhatikan lebih teliti, hero di dalam Mobile Legends dan game tersebut memiliki hero yang berbeda dan unik.

Di Indonesia, game Mobile Legends ini menjadi salah satu game terpopuler, tetapi bukan berarti Indonesia adalah Negara yang memiliki player Mobile Legends paling banyak.

Menurut data yang telah dikumpulkan oleh Esport Observer menyebutkan bahwa game Mobile Legends ini sudah memperoleh pendapatan 200 juta USD dari seluruh dunia, bahkan gameplay ini berhasil mendapatkan laba kotor sebesar 25 juta USD dari Amerika Utara saja.

Menurut website Active Player memberikan kita estimasi beberapa bulan kebelakang, walaupun Moonton tidak merilis statistik secara resmi jumlah pemain MLBB aktif. Pada bulan Maret 2021, Mobile Legends tercatat memiliki 78 juta player yang login, dan paling tinggi 8 juta player dalam satu hari.

Malaysia

Pertumbuhan player Mobile Legends pada tahun 2020 mencapai 21%, hal tersebut membuat Malaysia menetapkan diri sebagai salah satu Negara dengan pemain Mobile Legends terbanyak dengan total player sebanyak 15-20 juta player.

Disisi lain, Negara ini adalah salah satu Negara dengan pro player terbaik. Permainan dari tim Negara ini juga tidak kalah bagusnya dan sudah banyak masuk dalam turnamen internasional.

Walau Negara Malaysia ini masih tergabung dengan MPL bersama Singapura, talentanya tidak bisa diremehkan. Terbukti dengan adanya Rippo yang bertanding bersama Bigetron Alpha di MPL Indonesia.

Indonesia

Hari gini, di Indonesia, apa sih yang gak laku? Tidak kalah dengan Negara tetangga, jumlah pemain Mobile Legends di Indonesia yakni mencapai 70 juta player.  Karena player Mobile Legends di Indonesia tidak hanya didominasi oleh pro player.

Sebagai negara dengan player terbanyak, Indonesia mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah di kompetensi Mobile Legends untuk kedua kalinya.

Amerika serikat

Gameplay Mobile Legends tidak hanya laku keras di benua Asia tenggara, beberapa negara di benua Amerika juga menunjukkan ketertarikan terhadap  gameplay Mobile Legends ini.

Bahkan ternyata, grafik pendapatan tahun 2018 Mobile Legends di Amerika Serikat menunjukkan peningkatan setiap bulannya!

Namun, pada pemberitaan terakhir di bulan Juni 2021 silam, sempat beredar kabar bahwa Pemerintah Amerika Serikat, tepatnya Donald Trump yang tampaknya telah menargetkan untuk memblokir beberapa aplikasi buatan negara asal China di Amerika Serikat itu sendiri.

Salah satu aplikasi yang tampaknya akan segera diblokir adalah Tik Tok dan juga Mobile Legends ini.

Singapore

Selain Indonesia dan Malaysia, ada juga negara Singapura yang memiliki pemain Mobile Legends terbanyak. Jumlah player Mobile Legends di Negara ini diperkirakan hanya mencapai 5 juta player. Singapura bahkan menduduki peringkat ke-2 tim tersolid setelah Malaysia.

Tim Esports dari Negara singapura ini juga cukup banyak dan kerap mengikuti berbagai kompetisi nasional.

Tak disangka ternyata Negara tercinta kita ini menyumbang 70 juta player Mobile Legends, dan memiliki banyak pro player yang digawangi oleh pemain yang berpengalaman seperti ONYX Esports, Aerowolf Roxy, Louvre, Evos Esports, dan RRQ.02 mereka sudah biasa mengikuti turnamen Mobile Legends mulai dari tingkat nasional hingga internasional.

Tak heran jika banyak player di Indonesia memiliki bakat menjadi seorang pro player Mobile Legends. Terbukti bahwa ada saja player baru yang bermain di MPL (Mobile Legends Premier League) maupun MDL (Mobile Legends Developmental League).

Baca Juga : Diambil dari Mitologi Indonesia, Simak Fakta 2 Hero MLBB Ini!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!