Free Fire Disebut Game 8 Bit, Simak 4 Alasan Ini!

8 bit Free Fire

Hola Vicigers! Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Free Fire memiliki popularitas di seluruh dunia yang bukan hanya karena keseruannya, tapi terkadang juga oleh sebutan “Game 8 bit”-nya. Permainan keluaran perusahaan asal Singapura yaitu Garena sudah sangat populer di tanah air tercinta, Indonesia.

Game ini bahkan sudah menjadi permainan dengan genre battle royale nomor satu pada belakangan ini. Hal ini tidak luput dari kesolidan para komunitas Free Fire yang sangat solid.

Meskipun sudah sangat populer di semua kalangan tanpa mengenal batasan umur dan juga jenis kelamin, tidak menutup kemungkinan bahwa game ini mendapatkan respon yang kurang positif dari semua kalangan pula.

Pada kenyataannya para pecinta game pasti sudah sering mendengar bahwa permainan ini seringkali disebut sebagai game burik 8 bit yang membuat mata sakit karena tampilan grafis yang disebut berkualitas rendah.

Apa itu game 8 bit? Game 8 bit merupakan permainan yang masih mempunyai tampilan yang terlihat ada bintik putih serta pixelized. Terdapat pada game konsol generasi ketiga, layaknya Sega, Nintendo dan juga Gameboy.

Pada game yang berjenis tipe 8 bit menjadi permainan dengan era modern yang pertama dalam game konsol. Sebenarnya, format dari 8 bit mengacu pada prosesor yang dimiliki oleh game konsol tersebut.

Terdapat beberapa alasan mengapa Free Fire disebut dengan game burik 8 bit oleh sebagian penggunanya. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Alasan Disebut Game Burik 8-Bit

Memiliki Grafis ‘8 bit’ yang Apa Adanya

Alasan utama dari disebutnya Free Fire sebagai game burik 8 bit adalah karena tampilan grafis apa adanya yang ditampilkan oleh game ini. Hal ini disebabkan karena jumlah keseluruhan data yang tercatat dalam penyimpanan hanya mencapai 800 MB sampai 1 GB.

Sedangkan pada game battle royale lain seperti PUBG Mobile dan Call of Duty (CODM) memiliki ukuran file hingga sebesar 4 GB setelah di-install.

Maka jika dibandingkan dengan game battle royale lainnya seperti PUBG Mobile ataupun Call of Duty Mobile (CODM), tentunya tampilan grafis yang ditampilkan akan berbeda sangat jauh.

Akan tetapi ukuran file Free Fire yang kecil ini merupakan upaya para pengembang untuk menjadikan game ini sebagai permainan yang bisa dimainkan oleh perangkat yang tidak memiliki spesifikasi tinggi.

Sehingga tidak akan terjadi penyesuaian kualitas, yang menjadikan tampilan grafis jauh lebih stabil jika digunakan di perangkat lain.

Karakter Terkesan Kaku Saat Bergerak

Dibandingkan dengan game berjenis lainnya seperti PUBG Mobile, movement atau gerakan dari karakter yang dimainkan di dalam game Free Fire lebih terkesan kurang realistis dan juga kaku. Hal satu ini juga membuat beberapa kalangan menyebut game ini sebagai game burik.

Game Tidak Berpintu

Maksud dari tidak adanya pintu adalah jika dilihat lebih jauh dan teliti, pada semua bangunan yang ada dalam maps ataupun zona permainan pada game Free Fire tidak memiliki pintu atau blong begitu saja.

Hal itu menjadikan game ini terkesan tidak realistis, karena jika berbicara soal kualitas game biasanya faktor kerealistisan diutamakan.

Salah satunya pintu yang menjadi komponen utama dalam sebuah rumah maupun bangunan. Sehingga saat hal ini tidak dihiraukan, maka sisi kerealistisan dari game akan dipertanyakan.

Akan tetapi dibalik tidak adanya salah satu komponen ini, terdapat alasan yang masuk akal. Alasan yang dikemukakan oleh Garena yaitu dari awal Free Fire ditujukan untuk semua kalangan, tanpa menghiraukan spesifikasi perangkat yang digunakan.

Sehingga jika para pengembang memasukkan komponen ini, dapat ukuran game ini karena terdapat penambahan animasi.

Banyak Player “Di Bawah Umur”

Para player di bawah umur cukup mendominasi jumlah pemain yang aktif pada permainan Free Fire. Mereka dinilai tidak begitu mengerti cara bermain yang baik dan juga strategi di sebuah game yang menjunjung tinggi kerja sama tim termasuk Free Fire ini.

Terus, Apa yang Dilakukan Garena Selanjutnya?

Pengembang sekaligus penerbit game Free Fire tentunya tidak tinggal diam. Mereka terus melakukan berbagai macam pengembangan juga pembaharuan pada game terbaik yang sedang populer ini.

Garena telah melakukan inovasi baru terhadap game ini yang dinamakan Free Fire Max. Free Fire Max menghadirkan tampilan yang jauh lebih bagus dengan tampilan Super High Definition.

Selain tampilannya yang Super HD, Free Fire Max juga menyuguhkan efek yang lumayan berbeda dengan versi sebelumnya, yang tentunya tidak akan mengecewakan para pemain Free Fire ini.

Nah, dari penjelasan yang ada di atas, tidak ada alasan lagi untuk kalian menyebut Free Fire sebagai game burik 8 bit, karena Garena serius menyikapi hal itu dengan mengeluarkan inovasi baru dengan tampilan yang Super HD. Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: Wow! 2 Fakta Soal DP-28 Ini Wajib Kalian Tau!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Komentar

  1. Samsul

    M.samsul arifin