7 Metode Menggunakan Serangan Harass, Apaan Tuh?

Harass

Aloha Vicigers! Dalam permainan  Mobile Legends: Bang Bang  banyak sekali istilah kata yang digunakan. Salah satunya yaitu serangan Harass. Serangan Harass merupakan pemberian serangan atau damage kepada hero lawan, dan juga lawan tidak diberikan kesempatan untuk melakukan serangan balik.

Apa Itu Serangan Harass?

Istilah serangan Harass diambil dari sebuah kata dalam bahasa Inggris yaitu “Harassement” yang diartikan dengan mengganggu. Hal tesebut diartikan sama dengan istilah serangan Harass yang ada dalam konteks ini.

Gangguan atau Harass ini biasanya dilakukan kepada lawan oleh para pemain dengan role Soft atau Hard Support, yang sedang menemani role Carry ataupun Safelaner. Nah selain itu, hero yang biasanya melakukan gangguan ini yaitu hero dengan tipe ranged atau hero yang mempunyai serangan jarak jauh. Dengan begitu hero tersebut dapat dengan mudah untuk menyerang musuh sampai sekarat.

Gangguan semacam ini banyak yang mengatakan salah satu hal yang penting, karena tidak hanya melakukan gangguan kepada offlaner dari pihak lawan, namun juga dapat memberikan kesempatan untuk kill saat lawan sedang lengah.

Serangan Harass

Untuk penggunaan katanya sendiri yang sering ditemui dalam permainan Mobile Legends ini yaitu seperti “Tolong harass si offlanernya, biar dia susah buat laning dan balik ke basenya”. Dengan kalimat seperti itu bisa membuat lawan terganggu.

Terdapat beberapa metode dalam melakukan harass ini di permainan Mobile Legends. Beberapa metode ini sangat penting untuk dikuasai para pemain agar permainannya dapat berjalan lebih lancer dan mulus, metode-metode tersebut yaitu:

  • Zoning

Zoning ini merupakan metode serangan Harass yang bisa dibilang paling penting. Para pemain akan memaksa lawan mereka untuk bermain dengan cara mundur  Nah dengan cara tersebut biasanya para pemain akan membuat zonanya sendiri.

Lalu biasanya hero yang efektif di posisi ini yaitu hero-hero yang mempunyai range tinggi. Karena dapat mendorong lawan untuk keluar dan juga membuat anggota tim lebih aman. Terdapat juga beberapa jenis zoning, akan tetapi yang termasuk paling penting yaitu attack modifier dan juga skill.

Skill zoning seperti yang dimiliki oleh Pharsa, Aurora, ataupun Alice bisa dibilang sangatlah kuat, sebab hero-hero tersebut bisa membuat lawan akan berpikir dua kali atau bahkan lebih untuk masuk.

  • Debuffing

Debuffing ini biasanya oleh hero yang mempunyai skill based atau hero mage yang akan sangat kuat ketika berada di posisi ini. Contohnya seperti Thamuz dan juga Valir, mereka ini sangatlah kuat karena mempunyai skill damage harass yang sangat berbahaya. Damage tertinggi yaitu berasal dari CC dan juga DoT, kedua damage tersebut dapat sangat berguna untuk harass dan juga sekaligus dalam menyiapkan untuk killnya.

  • Kiting

Kiting ini bisa dibilang cukup berbeda dengan yang lainnya bahkan bisa dibilang juga lebih rumit. Kiting ini berguna untuk membuat lawan merasa kerepotan. Tak perlu menggunakan damage yang tinggi, namun cukup dengan musuh kesulitan atau kerepotan untuk mengerjar, maka harass ini bisa dikatakan sudah sukses. Hero yang sangat kuat dalam posisi ini contohnya seperti Kagura.

  • Hit and Run

Hit and Run ini bisa dilakukan oleh semua jenis hero. Namun, hero yang lebih kuat untuk di posisi ini yaitu hero tipe fighter. Hero dengan jenis fighter bisa masuk dan juga mendekat, memukul bahkan memberikan damage, lalu setelah itu mundur dan kabur dari lawan. Dengan waktu yang cepat, hero-hero tersebut dapat memberikan gangguan yang tinggi tanpa adanya masalah. Hero yang sangat kuat untuk berada di posisi ini yaitu seperti Thamuz, Chou, X-Borg dan juga Silvanna.

Selain itu, ada juga beberapa hal yang dapat dilakukan oleh para pemain untuk mengcounter harass, yaitu:

Baca Juga: Kalah Hero Power? Ada Solusinya, Kok!

  • Swap Lane

Swap lane ini merupakan hal yang paling ekstrim apabila pemain tidak mempunyai pilihan jalan keluar. Tidak salah apabila pemain meminta untuk menukar lane dengan anggota tim lainnya.

  • Heal

Heal juga termasuk hal yang sangat penting, baik dari heal biasa ataupun lifesteal bisa dilakukan untuk tidak menghiraukan harass dari lawan.

  • Trading

Salah satu untuk meng­counter harass yang terbilang cukup efektif yaitu dengan melakukan harass balik kepada lawan. Pemain dapat melakukannya dengan damage trade yang dapat menguntungkan para pemain.

shopee super online deals x vcgamers

Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik dari VCGamers.

Add a comment