Cara Menghindari Trash-Talking di MLBB, Berikut 5 Tips dan Triknya!

trash talking

Aloha Vicigers! Kali ini kita akan membahas Trash-talking, apa itu Trashtalking? Yuk simak infonya!

Permainan  Mobile Legends: Bang Bang ini sangatlah digemari oleh kaum muda saat ini. Bermain permainan ini bisa memberikan pengaruh positif terhadap para pemainnya, karena melalui permainan Mobile Legends ini bisa memungkinkan terjadinya interaksi antar pemain.

Apa Itu Trash-Talking?

Para pemain bisa saling berinteraksi atau berkomunikasi dan juga berbagi pengalamannya mulai dari awal permainan bahkan hingga permainan berakhir. Selain itu, para pemain juga bisa mengatur strategi untuk menang.

Namun, disisi lain juga permainan online semacam ini bisa memberikan dampak negatif pada para pemainnya, dimana dengan permainan ini bisa menimbulkan perilaku kaum muda atau para penggunanya yang agresif.

Salah satu contohnya yaitu perilaku agresif pemain yang terjadi di Indonesia yaitu trash-talking. Trash-talking adalah perilaku berbicara kasar yang dapat menumbuhkan rasa persaingan (destruktif) atau memotivasi (kontruktif) seseorang.

Bolehkah-Kita-Melakukan-Trash-Talking

Bentuk dari perilaku trash-talking ini yaitu berupa perilaku yang menyombongkan diri, mengintimidasi, memprovokasi, atau bahkan bisa sampai menjatuhkan mental lawan secara verbal maupun non-verbal.

Pemain yang memakai cara trash-talking ini dapat juga memberikan dampak seperti mempengaruhi psikologis, menimbulkan masalah, mempengaruhi perilaku yang sangat kompetitif, bahkan bisa mempengaruhi kehidupan bersosial seseorang.

Perilaku trash-talking ini biasanya ditemukan ketika terdapat anggota tim yang melakukan kesalah, lalu anggota tim lain atau bahkan lawan mengeluarkan kata-kata yang membuat pemain tersebut merasa sakit hati. Contohnya seperti “yang main Miya bocil” atau “haya noob. Haya noob”.

Seringkali kata-kata tersebut bisa mempengaruhi mental pemain bahkan ketika yang bermainnya itu bukanlah pemain yang kuat mentalnya, maka ia akan sakit hati, tersinggung, marah, bahkan bisa sampai ia melakukan AFK atau away from keyboard.

Hal tersebut juga bisa dikatakan salah satu dampak akibat trashtalking yang berpengaruh pada mental seseorang. Bahkan bisa membuat pemain tersebut tidak mau lagi untuk memainkan permainan Mobile Legends ini karena perilaku trashtalking tersebut.

Mungkin menurut pemain yang melakukan perilaku trash-talking itu hanyalah sebuah bercandaan saja atau mungkin memang ia sengaja melakukan hal tersebut. Namun, bagi pemain yang terkena perilaku trash-talking itu, ia akan merasa sangat bersalah dan sedih.

trash-talking

Nah, namun jangan khawatir apabila kalian menemukan pemain yang melakukan perilaku trashtalking tersebut. Kalian bisa tetap fokus bermain tanpa harus memikirkan atau membaca trashtalking itu. Berikut tips dan triknya:

Matikan chat pemain

Terkadang ada saja pemain yang sangat berani menghina, atau mengeluarkan kata kata kasar dengan memanfaatkan text chat ini. Jika kalian menemukan pemain yang seperti ini kalian bisa mematikan dengan fitur mute chat. Dengan fitur ini kamu bisa memblokir chat dari pemain yang kamu pilih. Dan kamu bisa bermain seperti biasa.

Matikan mic pemain

Mute mic pemain yang sering melakukan trashtalking tak hanya chat biasanya para pemain juga mengaktifkan mic untuk dimanfaatkan oleh para trashtalker. tak perlu khawatir kamu bisa memblokir suara mereka dengan mengaktifkan fitur mute voice.

Mengincar pemain yang melakukan trashtalking

Apabila lawan yang trashtalking kamu bisa incar terus. kalian bisa melakukan teamfight atau gank walau kalian harus kalah. Dengan begini tim lawan biasanya akan saling menyalahkan. jadi kalian bisa memanfaatkan ini untuk mendapatkan kemenangan.

Tak perlu terpancing emosi

Jika sudah mematikan mic dan juga chat maka kalian hanya cukup untuk meneruskan permainan dan jangan sampai terpancing emosi karena perilaku trashtalking itu. Bermain saja dengan tenang, santai seperti biasa.

Lakukan report

Melakukan report ini adalah salah satu fitur terbaik. agar kalian tidak bertemu lagi dengan pemain yang trashtalking ini, kalian bisa melakukan report saja setelah permainan sudah selesai. Dengan begini maka nilai permainan orang itu akan menurun. Semakin banyak yang melakukan report maka akan menyebabkan mereka tidak bisa bermain mode rank atau tidak bisa bermain matchmaking normal. Hal ini akan membuat mereka jera untuk tidak mengulangi kesalahan itu.

Meskipun pemain atau tim yang melakukan perilaku trashtalking itu mendapatkan kemenangan dari permainan tersebut, maka hal tersebut tidaklah fair atau tidak adil. Karena mereka bermain dengan sengaja menjatuhkan mental lawannya dengan lontaran kata-kata yang menyakitkan dan dengan kata-kata yang kasar.

Baca Juga: 7 Metode Menggunakan Serangan Harass, Apaan Tuh?

Sebaiknya jika ingin permainan ini memberikan pengaruh yang positif, maka para pemainnya pun harus bermain dengan supportif atau menciptakan lingkungan bermain yang adil dan sehat tanpa harus menjatuhkan lawan dengan kata-kata yang kasar ataupun menyakitkan.

Maka dengan begitu, kemenangan yang diraih pun bisa bermakna karena bermain dengan kondusif dan supportif. Yuk hindari perilaku trashtalking ini demi menjaga kesehatan mental dan juga meraih kemenangan karena kemampuan bukan karena perkataan yang menyakitkan.

shopee super online deals x vcgamers

Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik dari VCGamers.

Add a comment