Isu Dengan LOL Wild Rift, Moonton Klarifikasi!

Moonton vs LOL WIld Rift

Aloha Vicigers! Ada isu apa dengan LOL Wild Rift? Apa permasalahannya? Penasaran? Yuk! kita simak saja infonya!

Ada dengan LOL Wild Rift?

Seperti yang telah diketahui banyak orang, akhir-akhir ini terdengar suatu kabar bahwa delapan tim yang telah berpartisipasi dalam MPL Indonesia tidak lagi diperbolehkan untuk mengikuti kompetisi yang lain.

Padahal faktanya ada banyak sekali turnamaen-turnamen esports Mobile Legends: Bang Bang  yang lain seperti League of Legends /LOL Wild Rift, Arena of Valor, dan lain sebagainya. Nah lalu bagaimana tanggapan Moonton soal hal ini?

Pada bulan Juni lalu, komunitastersebut sempat digoncang dengan rumor tentang adanya kontrak eksklusif dari MPL yang posisinya mengancam partisipasi tim-tim lain Wild Rift Indonesia yang mana berlaga di MPL juga. Rumor tersebut telah menyebutkan yang mana tim-tim yang telah berpartisipasi di dalam turnamwn MPL tidak diperbolehkan untuk berpartisipasi di dunia esports Wild Rift.

Disusul reaksi lain yang negatif datang dari berbagai pihak, salah satu narasumber dari pihak Moonton telah memberikan klarifikasinya bahwa peraturan-peraturan itu hanya berlaku bagi tim yang mana telah menandatangani kontrak eksklusif dan juga sifat kontrak eksklusif tersebut bersifat opsional.

LOL Wild Rift

Namun sayangnya sebelum klarifikasi tersebut diangkat ke publik, sudah banyak sejumlah tim-tim dari Wild Rift Indonesia yang telah memberikan sinyal akan membubarkan diri atau bahkan sudah membubarkan diri, tidak tahu karena aturan ini atau mungkin alasan lain seperti contohnya mendapat hasil yang kurang memuaskan.

Nah salah satu tim yang sudah mengundurkan diri dari divisi LOL Wild Rift nya yaitu Alter Ego pada pertengahan bulan Juni lalu. Selanjutnya selain Alter Ego, Saudara EsportsDG Esports, dan Morph Team juga mereka telah resmi membubarkan divisi LOL Wild Rift.

Kemudian dua tim Wild Rift yang memiliki peringkat tinggi di Indonesia yaitu Bigetron Infinity dan Onic Esports sempat diisukan mereka akan membubarkan diri. Pembubaran kedua tim tersebut akan bergantung kepada hasil turnamen dari SEA Icon Series: Fall Indonesia yang mana akan dilangsungkan pada Agustus.

Namun, jika gagal mereka menjadi juara pada turnamen itu, maka terdapat kemungkinan besar bahwa tim Wild Rift milik kedua tim tersebut akan segera dibubarkan.

Selain itu juga, pihak Moonton Indonesia telah membuka suara untuk menanggapi isu yang sedang diperbincangkan di dunia para pecinta game di Indonesia yaitu isu monopoli yang telah  dilakukan pihak moonton yang mana mereka tidak memperbolehkan tim MPL untuk membuka divisi MOBA yang lainnya.

Pihak Moonton melalui Head of Marketing dan Business Development Manager nya yaitu Martinus Manurung dalam press conference-nya dari MPL Indonesia Season 8 telah mengatakan bahwa tim-tim MPL sebenarnya telah diperbolehkan memiliki divisi MOBA ataupun divisi esports lainnya.

Klarifikasi yang datang  dari pihak Moonton Indonesia ini juga sudah memaparkan bagi para fans game di Indonesia bahwa tidak ada satupun yang namanya monopoli yang dilakukan oleh pihak Moonton. Jadi, tim-tim yang mengikuti MPL boleh mempunyai divisi esports apapun dan dari berbagai genre manapun untuk bersaing di kalangan kompetitif esports Indonesia.

Menurut Head of Marketing dan Business Development Manager Pihak Moonton Indonesia yaitu Martinus Manurung di dalam Press Conference MPL ID Season 8, mengatakan bahwa mereka sangat memperbolehkan tim-tim untuk bermain di esports lain.

Namun pihak Moonton ini ada sedikit penjelasan bahwa ada beberapa syarat yang mana memang harus diikuti dan dilakukan oleh para pemain MPL agar dapat keuntungan dari beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh pihak Moonton.

Baca Juga: Apa Itu Buff, Nerf, dan Adjusted?

Hanya saja telah ditegaskan juga oleh pihak Moonton, bahwa mereka tidak pernah memaksakan sebuah tim untuk melarang tim nya tersebut tidak berkompetisi pada turnamen esports yang lain karena organisasinya tersebut telah memiliki hal masing-masing yang tidak bisa dilarang.

Nah maka dari itu, jadi bagi para penggemar semua yang masih punya anggapan dimana pihak Moonton tidak memperbolehkan tim di MPL untuk berpartisipasi dalam turnamen esports lain dan juga tentang kontrak eksklusif dari MPL yang posisinya mengancam partisipasi tim-tim lain Wild Rift yang telah dijabarkan diatas adalah  klarifikasi dari kabar kabar yang beredar ya para gamers gamers!

shopee super online deals x vcgamers

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!