PUBGM di PON XX Papua? DKI Jakarta Sabet Emas!

daftar jadi pemain PUBGM Untuk PON XX Papua

Hola Vicigers! Pekan Olahraga Nasional atau yang disingkat PON XX adalah ajang olahraga nasional utama. Tahun ini PON sudah masuk tahun ke-20 yang akan diselenggarakan di Papua. PON XX ini berlangsung pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021.

Untuk menjadi tuan rumah pada PON kali ini, Papua berhasil mengalahkan Bali dan Aceh. Dalam pemungutan suara pada Rapat Anggota Tahunan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), Papua memperoleh suara paling banyak yaitu 66 suara.

PON XX 2021 ini akan diselenggarakan di stadion Lukas Enembe. Stadion ini adalah salah satu stadion dengan kapasitas terbesar di pasifik dengan luas 13,7 hektar.

Ada 56 cabang olahraga yang ditandingkan di PON XX ini. Sebelumnya KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) menetapkan 47 cabang olahraga. Namun, setelah perundingan akhirnya dikembalikan menjadi jumlah semula.

Ada juga cabang olahraga elektronik tetapi sebagai cabang ekshibisi. Cabang ekshibisi ini diantaranya adalah Free Fire, PES (Pro Evolution Soccer) 2021, Mobile Legends, PUBGM (Player Unknown’s Battlegrounds) dan Lokapala.

Kepala Biro Perencanaan Kemenpora dan Asdep Industri dan Promosi Olahraga Kemenpora mendukung masuknya PUBGM (PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile) kedalam ekshibisi esport PON XX 2021.

Esports sudah diakui sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia oleh Kemenpora dan KONI. Pengakuan tersebut dilakukan dalam rakernas KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) pusat 2020 pada 25-27 Agustus 2020.

Sejak game ini diluncurkan pada tahun 2018, PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile telah menyumbang prestasi yang sangat membanggakan bagi Indonesia melalui prestasi yang dicapai para atlet dan tim PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile.

Pemerintah Indonesia menyetujui Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) sebagai badan pemerintah yang menaungi esports sebagai olahraga prestasi dibawah KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

Esports sudah layak dikatakan sebagai olahraga prestasi karena sudah banyak dipertandingkan pada event nasional maupun internasional termasuk Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.

Masuknya game PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile merupakan jawaban dari PB ESI (Pengurus Besar Esport Indonesia) dan Tencent Games untuk menampung tingginya aspirasi komunitas gamers di Indonesia khususnya atlet esports PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile.

Bagi para player PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile yang ingin mewakili daerahnya di PON XX 2021 bisa mendaftar mulai tanggal 26 Agustus sampai 8 September. Pendaftaran bisa dilihat langsung di Garudaku.com.

Platform Garudaku.com adalah pusat informasi penyelenggaraan ekshibisi esports PON XX 2021. Pada platform ini akan di-update tentang jadwal pertangingan, hasil kualifikasi, grup dan informasi lainnya tentang ekshibisi esport.

Kualifikasi akan dilaksanakan 2 kali dan serentak di seluruh provinsi Indonesia pada tanggal 11 sampai 12 September 2021. Tim yang lolos babak kualifikasi akan bertanding pada Pra-PON pada tanggal 14-15 September 2021.

Akan ada 15 tim yang diambil dari babak Pra PON dan 1 tim dari Papua yang akan bertanding pada babak Grand Final. Bagi tim yang meraih medali emas, perak dan perunggu akan diterbangkan ke Papua untuk penyerahan medali.

Persyaratan Daftar PON XX 2021

Sebelum diputuskan bahwa terdapat beberapa perwakilan wilayah di seluruh Indonesia, alangkah lebih baiknya kita tahu terlebih dahulu bahwa persyaratan minimum sewaktu pendaftaran PON XX dibuka adalah sebagai berikut.

  1. Berkewarganegaraan Indonesia
  2. Minimal berusia 13 tahun
  3. Bisa menunjukkan bukti domisili sesuai dengan kualifikasi provinsi yang diikuti
  4. Setiap anggota tim wajib berdomisili provinsi yang sama
  5. Setuju mengikuti aturan PON Esports yang sudah disediakan

Hasil Klasemen

Adapun klasemen sementara yang telah diselenggarakan selama dua hari yakni dimulai dari Kamis, tanggal 23 September 2021 hingga Jumat, 24 September 2021, menghasilkan perolehan poin dari keenam-belas provinsi tersebut di antaranya sebagai berikut:

  1. DKI Jakarta : total points 130
  2. Papua Barat : total points 127
  3. Sulawesi Utara : total points 107
  4. Papua : total points 103
  5. Kepulauan Bangka Belitung : total points 93
  6. Bali : total points 93
  7. Kalimantan Selatan : total points 85
  8. Jawa Tengah : total points 69
  9. Kalimantan Utara : total points 65
  10. Maluku Utara : total points 61
  11. Bengkulu : total points 59
  12. Maluku : total points 52
  13. Banten : total points 50
  14. Riau : total points 49
  15. Jambi : total points 39
  16. Kalimantan Barat : total points 16

Sehingga, dapat disimpulkan dengan jelas bahwa hasil pertandingan PUBGM di PON XX Papua 2021 dimenangkan oleh peraihan poin tertinggi sebesar 130 yakni DKI Jakarta.

Adapun empat perwakilan provinsi DKI Jakata yang bertanding pada Final Ekshibisi ini meliputi Made Bagas Pramudita, Jason, Ekarachman Jayanto, dan Made Bagus Prabaswara.

Baca juga: Fakta Baru PMNC 2021, 3 Pemain Ini Dibanned Permanen Karena Curang!

tarik saldo penjualan toko vcgamers bebas admin promo september 2

Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik dari VCGamers.

Add a comment