Kilas Balik Perjalanan Game MLBB di Indonesia, Sambut 5th Anniversary!

MGL Fanart album game mlbb

Kesuksesan Game MLBB

Hola Vicigers! Game MLBB (Mobile Legends: Bang Bang) sudah menjadi game online yang banyak dimainkan dan sangat popular dikalangan gamers Indonesia.

Banyak karakter atau hero yang menarik dihadirkan dalam Mobile Legends Bang Bang ini, di mana setiap hero memiliki keunikannya masing – masing. Game Mobile Legend Bang Bang ini pertama kali dirilis pada tahun 2016 dimana bisa diakses melalui IOS maupun melalui Android dengan gratis.

Pencipta game MLBB berasal dari Shanghai, China. Dikenal dengan Moonton yang merupakan nama tengah dari perusahaan “Shanghai Moonton Technology Co., Ltd” Ternyata bekerja sama dengan “Shanghai Mulong Network and Technology Co.Ltd” untuk mengembangkan game MLBB.

Ternyata di balik kesuksesan Moonton, jelas ada sosok perintis yang meloporinya, ialah Xu Zhenhua, co-founder sekaligus CEO Moonton. Pria asal Tiongkok ini berhasil menjadi rich people setalah games rintisannya laku di pasaran.

Di balik kesuksesan Moonton di bawah asuhan Xu Zhenhua, menerapkan slogan atau kata motivasi penting di perusahaannya, yakni “Do what you think“. Artinya, lakukanlah apapun yang kamu pikirkan.

Game MLBB pertama kali rilis di Negara Indonesia pada tahun 2016, yaitu tanggal 11 Juli dan berhasil menarik perhatian para pemain. Negara Indonesia bahkan menjadi salah satu dari beberapa negara yang berkontribusi besar atas kepopuleran dan keberhasilan game Mobile Legends Bang Bang  ini yang mendunia.

Yang tidak kalah menarik menarik lagi, developer game tersebut punya karakter dari seri pahlawan (hero), yakni Gatotkaca.

hero GatotKaca-Magic-Shoe

Karakter tokoh dalam kesenian wayang yang sangat popular dengan kegagahannya di Indonesia tersebut diciptakan sebagai apresiasi game MLBB terhadap budaya Indonesia, sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia pada dunia.

Satu tahun setelah dirilis, Moonton kembali digugat Riot Games. Tuntutan yang diberikan kali ini ditujukan kepada tiga judul game bikinan Moonton, termasuk Magic Rush: Heroes, Mobile Legends: 5v5 MOBA, dan Mobile Legends: Bang-Bang.

Untuk gugatan ini Riot Game menuduh bahwa Montoon telah mencontek beberapa item yang terdapat di dalam LoL. Riot Games ternyata juga mengajukan keberatan terkait judul game Mobile Legends yang terdengar tidak asing karena mirip dengan League of Legends.

Perkara ini sempat digiring ke Pengadilan Distrik Pusat California di AS tetapi harus dibatalkan dengan alasan forum non Conveniens.

Belum lama digugat oleh Riot Games, Moonton kembali mendapat cobaan yaitu berupa  tuntutan baru, dari Tencent, Perusahaan asal Negara China yang juga menaungi pengembang Riot Games.

Awalnya, Tencent mengajukan gugatan melalui Pengadilan Distrik Pusat California di AS pada tahun 2017 lalu tetapi kasus tersebut lagi lagi  kembali dicabut karena telah dipindahkan ke pengadilan di Shanghai China.

Terlepas dari cobaan yang dihadapi game MLBB, ternyata juga menghasilkan keuntungan karena berkat kehadiran game MLBB di Indonesia karir – karir baru tercipta sesuai dengan hobi para generasi Z.

Karier Besutan Game MLBB

Berikut karir – karir baru yang tercipta semenjak game MLBB masuk ke Indonesia salah satunya pro player. Professional Player atau kerap di sebut Pro Player merupakan para pemain yang sudah ahli dan memiliki pengalaman sangat jauh dibandingkan dengan para pemain casual ataupun tryhard saja.

Penghasilan pro player ML sendiri rata-rata berada di atas Rp10.000.000. Namun dengan jumlah segitu baru gaji bersih dan belum termasuk endorse dan live streaming dan lainnya. Hal itu sangat menjanjikan bukan. ESports ternyata tidak hanya menawarkan ladang pekerjaan baru bagi pro player saja.

Namun, ada berbagai profesi lainnya di industri tersebut, contohnya seperti penyelenggara, caster, editor video, wasit, dan lain sebagainya.

Diumpakan, Pro Player Jess No Limit yang bisa memperoleh pendapatan sebesar Rp300.000 hingga Rp500.000 per video.

Jika membuat tiga konten video dalam satu hari, maka uang yang didapatkan sudah lebih dari cukup Melihat besaran gaji yang diperoleh pemain pro ML, bisa dibuktikan bahwa eSports bukan hanya sekadar hobi. Buktinya, peluangnya sangat menjanjikan di masa mendatang.

Berbeda dengan Jess No Limit yang berhasil mencapai ketenaran karena karir nya sebagai pro player ML, banyak pro player ml yang memanfaatkan keahliannya ini untuk menjadi joki.

Mereka lebih memilih menjadi joki dibandingkan masuk ke ranah e-sport karena gaji yang didapatkan lebih menjanjikan, layaknya pekerja kantoran. Gaji yang didapat joki pun beragam mulai dari 200 ribu perhari atau 500 ribu perhari bahkan bisa 5 juta perminggu.

Setelah menyimak kisah perjalanan game MLBB selama 5 tahun banyak pelajaran yang bisa didapat, salah satunya mencontoh gigihnya founder MLBB yaitu Xu Zhenhua. Mengikuti slogannya “Do what you think” Mengajak kalian untuk selalu melakukan hal positif seperti yang dilakukan Xu Zhenhua melakukan atau menciptakan apa yang dipikirkan.

Tak hanya itu dia juga menggambarkan bahwa menjadi pencipta lebih dan sangat menguntungkan dibanding jadi pemain, jadi tunggu apa lagi? saatnya kalian “Do what you think” untuk mengguncangkan dunia.

Baca juga: MPL x Legends Assemble, 9 Player Ini Akan Hadir?
vcgamers x shopee cashback shopeepay

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!