Beri Stun Berkali-Kali, Valir atau Luo Yi yang Akan Menang?

efek stun luo yi vs valir

Hola Vicigers! Efek stun dalam Mobile Legends: Bang Bang memegang andil besar dalam upaya meraih kemenangan dari suatu match. Efek stun atau efek CC (Crowd Control), adalah efek yang dapat membuat lawan tidak dapat melakukan apapun dalam waktu tertentu.

Di bawah pengaruh efek ini, kita dapat melancarkan serangan untuk mengakhiri hidup lawan. Di masa resurrecting musuh, kita dapat segera menyerang base dan meraih kemenangan.

Di setiap tim, dibutuhkan minimal 1 hero yang memiliki efek ini. Pada umumnya, hero dengan role mage dibekali efek ini. Ada 2 hero mage yang dapat melakukan stun berkali-kali terhadap 5 lawan sekaligus. Kedua hero itu diantaranya adalah Luo Yi dan Valir.

Dengan kemampuan skill yang sama-sama dapat mengeluarkan efek stun berkali-kali kepada 5 lawan sekaligus, beredar banyak pertanyaan siapa diantara keduanya yang akan unggul apabila keduanya diadu mekanik 1 by 1.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas skill-skill setiap hero terlebih dahulu.

Skill Hero Luo Yi

Skill Pasif (Duality)

Skill pasif yang dimiliki oleh Luo Yi merupakan sebuah tanda yang terjadi pada hero lawan yang terkena dari skill-skill yang dimiliki oleh Luo Yi ini. Tanda tersebut memiliki 2 warna yaitu kuning dan ungu.

Skill 1 (Dispersion)

Skill ini merupakan sebuah skill utama yang harus ditingkatkan pada awal game. Karena skill ini dapat di stak hingga 4 kali dengan perbedaan warna setelah menggunakan skill ini.

Ketika dua hero lawan terkena semburan skill ini dengan warna yang berbeda, maka kedua hero tersebut akan mendapat efek stun dengan cara tertarik antara satu dengan yang lainnya.

Skill 2 (Rotation)

Skill ini merupakan sebuah lingkaran yang juga dapat berubah warna kuning dan ungu sama seperti skill-1, ketika setelah digunakan. Ketika lawan yang terkena warna kuning pada skill ini dan diberikan warna ungu dengan skill-1, maka akan menyebabkan efek stun kepada lawan.

Skill 3 (Diversion)

Skill ultimate yang dimiliki oleh Luo Yi dapat berguna untuk melakukan serangan pada sebuah team fight, dengan kata lain initiator yang sangat baik.

Hal ini dikarenakan skill ultimate yang dimiliki oleh Luo Yi dapat membawa seluruh rekan tim nya untuk melakukan sebuah inisiasi serangan tanpa diketahui oleh pihak musuh.

Skill Hero Valir

Skill pasif (Ashing)

Skill pasif Valir ini dapat memberikan efek burn terhadap lawan. Selain memberikan efek terbakar yang dapat memberikan magic damage tambahan, skill ini juga akan memberikan efek stun kepada lawan selama 1 detik.

Skill 1 (Burst Fireball)

Skill ini dapat di stak hingga 3 kali dan setiap serangan dari skill ini akan memberikan efek slow. Efek ledakan hingga efek stun kepada target yang menjadi incaran. Damage yang diberikan juga lumayan cukup tinggi yang mengakibatkan hero Valir ini menjadi hero yang sangat merepotkan.

Skill 2 (Searing Torrent)

Skill ini dapat mendorong lawan yang mendekat menggunakan hembusan api yang dikeluarkan oleh Valir. Skill ini berguna jika lawan akan mengincar ke arah Valir dengan pergerakan yang cepat. Kelebihan skill ini tidak hanya dapat mendorong 1 hero saja, namun beberapa hero dapat terdorong ke belakang dengan menggunakan skill ini.

Skill 3 (Vengeance Flame)

Skill Ultimate dari Valir ini yang akan sangat berguna baginya jika hero lawan memiliki skill crowd control. Karena dengan menggunakan skill ultimate ini, Valir dapat meloloskan diri dari efek crowd control dan memberikan damage yang begitu besar.

Terlebih lagi dari semua skill yang dimilikinya menjadi lebih besar dan jangkauannya pun akan menjadi lebih jauh jika Valir menggunakan skill ultimate-nya ini.

Berdasarkan analisa dari hasil eksperimen para pro player yang melakukan adu mekanik secara 1 lawan 1 pada kedua hero di atas, dalam keadaan level, jumlah gold serta kelengkapan gear yang setara, dapat disimpulkan bahwa Luo Yi adalah hero yang dapat mengungguli kemenangan atas Valir.

Hal ini disebabkan karena Luo Yi lebih unggul dalam segi skill yang dapat distak sebanyak 4 kali lebih banyak dari Valir.

Namun analisa ini tidak bersifat mutlak karena kemenangan adu mekanik bukan hanya ditentukan oleh level, jumlah gold maupun gear. Timing dan map awareness pun ikut menjadi faktor pendukung kemenangan.

Baca juga: Incredible! 3 Combo Hero yang Wajib Kalian Tahu!

Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik dari VCGamers.

Add a comment