Inilah Perwakilan Jabar Pada PON XX Papua 2021 di Bidang Esport!

Perwakilan Jabar di PON XX Papua 2021

Keberadaan game online kini tidak dapat dipandang sebelah mata lagi. Banyak karir lahir dari Industri Entertainment sektor gaming ini. Tidak heran, oleh karenanya cabang pada bidang esports ini menjadi ajang turnamen dalam PON XX Papua 2021.

Mulai dari pro player hingga joki push rank pun hidup dari game online. Pro player yang awalnya hanya mendapatkan kesempatan untuk menyalurkan bakatnya melalui turnamen yang diselenggarakan masing-masing provider game online, kini Menpora pun ikut mewadahi bakat para pro player.

Banyak organisasi milik pemerintah yang menyediakan ekosistem baru untuk menyalurkan bakat generasi milenial ini. Pekan Olahraga Nasional alias PON XX Papua 2021 ini akan menghadirkan sejarah baru bagi sektor olahraga Indonesia.

PON XX Papua 2021 perdana memainkan cabang olahraga esports di ajang PON XX Papua 2021 sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi. 

Adanya cabang olahraga esports di ajang PON XX Papua 2021 diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi para pecinta olahraga esports untuk bertanding dan membawa nama besar provinsi masing-masing. 

Masuknya esports di ajang PON XX Papua 2021 merupakan ajang untuk Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) dalam memantau bibit atlet potensial dalam olahraga esports yang tersebar di Indonesia.

Pemerintah menyatakan bahwa esports secara resmi menjadi cabang olahraga prestasi dengan bergabungnya PBESI. 

Cabang Olahraga Esports Untuk PON XX Papua 2021

Free Fire

Game ber-genre Battle Royalle ini akan turut menjadi ajang ekshibisi untuk dimainkan para atlet esport dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Mobile Legends: Bang Bang

Permainan MOBA keluaran Negara Cina satu ini juga ikut menjadi ajang ekshibisi untuk PON XX Papua 2021.

eFootball PES 2021

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 juga menghadirkan salah satu game besutan Konami.

Lokapala

Game ciptaan anak bangsa ini juga masuk dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Perwakilan Atlet Mobile Legends Jawa Barat untuk PON XX Papua 2021

Ibnu Akbar Ghozali 

Remaja asal Teluk Jambe Timur, Karawang, Jawa Barat yang masih berusia 17 tahun ini adalah salah satu gamer profesional yang mewakili kontingen Mobile Legends Jawa Barat di PON XX Papua.

Johanes S. Hutasoit

Johanes yang masih berusia 19 tahun ini menjadi salah satu player Mobile Legends asal Karawang yang cukup memukau. Pemuda ini juga dikenal kerap menjadi joki Mobile Legends lho.

Jeremia Leonardo 

Pemuda yang kini masih berusia 19 tahun ini berasal dari Karawang, Jawa Barat. Jeremia tak hanya pandai bermain Mobile Legends, ia juga ternyata pintar bermain PUBG dan beberapa game lainnya. Ia memakai nama Rexo sebagai nama panggungnya.

Ryan Pramudya 

Pemuda asal Karawang yang juga aktif di Esport Indonesia (ESI) Karawang, Jawa Barat ini masih berusia 21 tahun. Ia merupakan sosok gamer yang sering menjadi langganan juara di berbagai kompetisi game Mobile Legend di Karawang. Salah satunya adalah Juara 1 Mobile Legends Engineering League pada tahun 2019.

Taufik Riady Muslim

Gamer asal Karawang, Jawa Barat ini masih berusia 20 tahun. Taufik kini tergabung dalam salah satu tim esport yang bernama Fila Esport. Selain itu, Taufik juga aktif bermain game di Esport Indonesia (ESI) Karawang. 

Pakai Smartphone Masing-masing

Faktanya, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) ternyata tidak menyediakan perangkat atau smartphone kepada atlet esports saat bertanding.

Christian Suryadi, selaku Technical Delegate Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 mengatakan bahwa acara saat ini memang tidak menyediakan smartphone  untuk player, dan masih belum ada standarisasi untuk hal tersebut.

Beliau beralasan bahwa apabila pemain diberi perangkat dengan spesifikasi lebih tinggi atau lebih rendah maka akan mempengaruhi cara gameplay mereka.

Player jadi harus adaptasi lagi. Contoh, mereka yang terbiasa bermain game online di smartphone dengan layar 30Hz akan berbeda rasanya dengan di smartphone dengan layar 60Hz.

Christian Suryadi, Technical Delegate Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021

Meski begitu, dukungan para penonton di seluruh provinsi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke untuk para atlet esports kebanggaan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 sungguh diperhitungkan, lho.

Baca juga: Siapa Sih Hero Marksman Terfavorit Season Ini?
bebas biaya tarik saldo

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!