Developer Game Terbaik, Yang Mana Favorit Kamu?

Berbagai game yang selama ini dimainkan adalah kreasi dari pengembang atau developer. Meski ada ribuan, namun tak banyak developer yang mampu melejitkan game hasil karyanya hingga menjadi populer di seluruh dunia. Berikut daftar developer game terbaik dengan hasil karyanya yang sangat terkenal di kalangan para gamers di seantero dunia.

Electronic Arts (EA)

Developer game terbaik ini diberitakan punya kekayaan senilai 11 miliar dolar Amerika atau kurang lebih Rp.150 triliun. Dibentuk tahun 1982 silam dimana ketika itu EA tenar berkat game sepak bola bertitel FIFA. Bukan hanya sebagai developer, EA pun sekaligus menangani distribusi game-game miliknya dan juga dari pengembang lain. Diantara karya besar EA seperti Need for Speed, Battlefield, Medal of Honor, Dead Space, dan Command & Conquer.

Konami

Pro Evolution Soccer alias PES merupakan diantara game buatan Konami sebagai yang terbaik hingga saat ini. Konami dibentuk tahun 1969 atau lebih dari 50 tahun berkiprah di industri game dunia. Di tahun 2019 Konami berhasil membukukan pemasukan sebanyak 2,3 miliar dolar atau kira-kira Rp33 triliun. Beberapa game terkenal buatan Konami selain PES seperti Castlevania: Symphony of the Night, Metal Gear Solid, Silent Hill 2, Dance Dance Revolution, Teenage Mutant Ninja Turtles, dan banyak lagi.

Capcom

Kebanyakan game besutan developer game terbaik ini cukup populer, malah merupakan franchise termahal misalnya Street Fighter, Resident Evil, Devil May Cry, Onimusha, Mega Man, Sengoku Basara, dan Dead Rising. Capcom merupakan kelompok developer game terbaik dan juga terbesar hingga saat ini.

Gameloft

Pengembang game ini berkedudukan di kota Paris Perancis. Gameloft lebih banyak berkonsentrasi ke platform mobile. Sejumlah game populer misalnya Dungeon Hunter, Asphalt, Earthworm Jim, GT Racing, Gangstar, Wild West Gun, dan Midnight Bowling. Bahkan pendiri Gameloft pun mendirikan perusahaan pengembang lain yaitu Ubisoft sebagai pembuat game mobile terbesar di dunia.

Nintendo

Developer game terbaik  yang  satu ini populer berkat membuat konsol game yaitu Nintendo Entertainment System (NES), Nintendo Wii, dan Nintendo Wii U. Untuk game, Nintendo pun mumpuni dengan hadirnya berbagai game populer diantaranya Mario Bros,  The Legend of Zelda, Animal Crossing dan Donkey Kong.

Sony Interactive Entertainment

Inilah produsen konsol PlayStation (PS) hingga generasi ke lima yang sangat fenomenal itu. tentu saja masuk dalam daftar ini. Beberapa game populer seperti God of War, Nioh, Shadow of the Colossus, Gran Turismo, dan  The Last of Us juga lahir dari kreatifitas Sony. Meski mayoritas game yang diluncurkan Sony tidak murni kreasi sendiri namun perusahaan inilah yang mendanai banyak pengembang kecil dalam menciptakan game unggulan.

Activision

Beberapa game terkenal besutan developer game terbaik ini misalnya Crash Bandicoot, Call of Duty, Guitar Hero, Warcraft, Tony Hawk’s, dan Diablo. Activision berkedudukan di Santa Monica, California AS dan saat ini berhasil mendapat pemasukan dari game sebanyak 7 miliar dolar AS yang kira-kira Rp100 triliun. Mayoritas penghasilan itu didapatkan dari game Call of Duty dari berbagai platform yaitu konsol, PC, dan juga ponsel.

Epic Games

Salah satu karya besarnya adalah Gears of War yang sangat populer khususnya untuk platform PC maupun konsol Xbox. Epic  Games adalah developer game terbaik yang dibentuk tahun 1991 silam yang memiliki kantor di Maryland, AS. Meski kalah besar dibanding yang lain namun Epic Games sukses mengimbangi banyak pengembang besar dalam membuat game terbaik. Epic Games berhasil membukukan penghasilan sebesar 4,2 miliar dolar yang setara dengan Rp60 triliun di tahun 2019 kemarin.

Square Enix

Merupakan developer game kenamaan dari Jepang yang berdiri dari 1975 lampau. Vendor ini adalah perusahaan koalisi dari Square dan Enix. Beberapa game yang dihasilkan developer game terbaik ini seperti Dragon Quest, Final Fantasy, Xenogears, dan Kingdom Hearts. Malah, game Final Fantasy sendiri telah terjual hingga 144 juta copy yang mampu bersaing dengan developer game tingkat dunia.

Ubisoft

Ubisoft memang layak dimasukkan dalam daftar developer game terbaik  saat ini. Beberapa game populer yang dibuatnya seperti Watch Dogs, Assassin’s Creed, Tom Clancy’s, Anno, Far Cry, For Honor, Legendary Fishing, dan The Settlers. Seluruhnya termasuk game unggulan yang mempunyai alur kisah ditambah visual mengesankan. Pengembang ini berkantor di Perancis dan masih ada hubungan dengan Gameloft.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 

Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik dari VCGamers.

Muhammad Hakum

Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Add a comment