Wow! 10 Cara Menjadi Pro Player ML Ini Bisa Bantu Kamu Capai Top Global!

cara menjadi pro player ml 10 cara

Susah menemukan cara menjadi pro player ML yang rinci? Terus, kamu sering diganggu sama toxic player saat kamu bertanding?

Mobile Legends hingga saat ini masih menjadi game yang digandrungi banyak pihak, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Game ini juga boleh dibilang melahirkan banyak calon-calon pro player yang beraneka ragam, mulai dari gaya bermain, preferensi taktik dan kerjasama tim yang solid.

Banyak para pemula Mobile Legends yang bercita-cita menjadi pemain top hingga tingkat nasional. Tentunya, ada beberapa langkah, halangan dan rintangan yang harus dilalui.

Perjalanan menjadi pro player tidak akan mudah kalau kamu sebagai salah satu pemain yang bercita-cita jadi top global tidak memiliki skill atau cara tertentu. Sebagaimana halnya belajar, menjadi pro player juga harus kamu lalui secara bertahap.

Baca juga: 5 Hero Favorit Pro Player di M3 World Championship

Artikel kali ini akan membantu kamu yang bercita-cita jadi pro player dan bisa sejajar (atau bahkan melebihi) Lemon, Drian, R7, atau pro player lainnya. Catatlah 10 cara menjadi pro player ML ini!

10 Cara Menjadi Pro Player Mobile Legends (ML) Ter-apik Versi VCGamers

Lakukan Analisis Hero Tertentu

cara menjadi pro player ml analisis hero

Cara menjadi pro player ML yang satu ini cukup krusial karena akan menentukan kemampuan seberapa jauh kamu dapat beradaptasi dengan game Mobile Legends ini.

Setiap pergantian season, Moonton biasanya akan melakukan perombakan besar-besaran. Perombakan ini mencakup sistem match, pembaruan map, buff dan nerf hero, serta hero meta baru.

Misalnya, di season 22 lalu ada beberapa hero yang tidak disangka-sangka menjadi meta seperti Estes, padahal awal kemunculannya Estes dipandang sebelah mata. Contoh lainnya lagi, di season 23 ini Selena dan Beatrix hampir sering jadi hero mematikan, padahal nasib awalnya sama seperti Estes.

Cara ini bisa kamu lakukan khususnya dengan rajin-rajin melihat info terbaru tentang hero meta. Inilah alasannya analisis hero tertentu menjadi bagian penting sebagai cara menjadi pro player ML yang handal.

Latihan Di Mode Classic

cara menjadi pro player ml latihan mode classic

Cara selanjutnya untuk menjadi pro player Mobile Legends adalah dengan banyak latihan. Moonton telah mempersiapkan berbagai fasilitas latihan yang dapat kamu gunakan dalam game seperti mode practice, serta classic untuk merasakan bertanding secara real.

Apabila kamu ingin mempelajari mekanisme hero tertentu, kamu bisa melatihnya di mode practice. Mode ini bisa kamu gunakan dan atur sedemikian rupa, mulai dari hero lawan, creeps, turrets, ataupun minions.

Setelah merasa cukup mempelajari mekanisme hero tertentu, kamu bisa mulai bermain di mode classic dengan matchmaking dan lawan yang sesungguhnya. Tidak usah khawatir kalah, karena mode ini tidak akan mempengaruhi rank-mu.

Bermain di mode classic khususnya menjadi cara aman supaya kamu bisa jadi pro player ML tanpa harus kehilangan rank.

Baca juga: 5 Tips Open Map MLBB

Di mode ini juga kamu bisa latihan membangun komposisi tim, posisi, melihat minimap, mempelajari command yang ada, serta menciptakan style of play yang kamu inginkan.

Uji Mental Di Mode Ranked

cara menjadi pro player ml latihan mode rank

Cara menjadi pro player ML selanjutnya adalah dengan menguji semua hal yang telah kamu pelajari, di mode ranked.

Di mode ranked, kamu akan punya tuntutan untuk selalu menang dan sedikit kalah karena semua itu mempengaruhi rank kamu.

Di tahap ini, asumsinya kamu sudah mulai bisa menemukan chemistry antara kamu dan hero yang kamu gunakan. Misalnya, kamu senang posisi core karena suka bantai-bantai, maka kamu akan menggunakan hero yang punya skill burst, tahan dikepung, dan punya critical damage yang oke.

cara menjadi pro player ml jadi core player

Dengan cara tersebut, kamu sudah mulai selangkah lebih maju menjadi pro player ML karena kamu akan merasakan manisnya menang terus dan pahitnya kalah terus.

Di mode ranked juga biasana mental kamu akan diuji oleh pemain pro lainnya atau pemain toxic yang akan spam chat atau afk. Tahan banting dengan semua ini dan kamu bisa melangkah lebih jauh lagi menjadi pro player sejati.

Baca juga: Cara Menggunakan Masha Dengan Benar Ala Pro Player MLBB, Winning Streak!

Pantau Replay Video Setiap Match

cara menjadi pro player ml replay video analisis

Cara ini penting dalam proses menjadi pro player ML karena kamu akan tahu di mana kelebihan dan kekurangan hero, taktik ataupun build yang kamu gunakan.

Dengan memantau replay video, kamu juga bisa menyiapkan taktik pelapis dari taktik inti kamu supaya match selanjutnya bisa lebih baik. Bisa saja kamu sedang dalam posisi yang jelek, atau ada rekan tim kamu yang tidak support hero yang kamu gunakan.

Selain itu, kamu juga akan terbiasa untuk menyesuaikan hero yang kamu gunakan dengan tim-mu. Kalau ada rekan tim yang menyalahkan kamu, kamu harus bisa legowo supaya kedepannya jadi pembangun mentalmu.

Isi Kekurangan Role Saat Main Ranked

cara menjadi pro player ml isi role kosong tim

Ketika main ranked, kamu bisa mengatur tim kamu, ataupun dipilihkan secara acak oleh game. Kalau kamu main dengan teman tongkrongan, kamu bisa tentukan role kamu dan teman kamu.

Tapi, kalau kamu dipilihkan acak oleh game atau solo rank, kamu harus bisa mengalah untuk tidak menggunakan hero tertentu.

Tujuannya adalah supaya kamu bisa memperbesar kemungkinan untuk menang, karena aka nada rank yang dipertaruhkan dari match ini. Cara menjadi pro player ML tidak hanya tentang hero OP, tapi juga komposisi tim yang GG.

Baca juga: 6 Strategi Offlaner Mobile Legends Paling Oke Ala Pro Player, Dijamin GG!

Perbanyak Win Streak

cara menjadi pro player ml win streak banyak

Ini sebenarnya menjadi salah satu syarat penting menjadi pro player ML. Biasanya, kamu harus konsisten berada dalam 75% atau di atas itu untuk bisa jadi pro player yang diakui.

Apakah cara ini menuntut kamu untuk menang terus? Tentu saja iya. Tapi akan mustahil untuk terus-terusan menang dalam satu hari full bukan?

Yang harus kamu fokuskan adalah win streak, yaitu persentase kemenangan kamu dalam match, bukan soal “harus menang”-nya. Jadi, kamu boleh kalah, tapi persentase kalahnya tidak boleh lebih dari win streak kamu.

Maka dari itu, cara menjadi pro player ML yang satu ini akan banyak menguji ketahanan mental kamu, khususnya yang ingin menjadi pro player ternama.

Ciptakan Komunikasi Antarpemain Yang Baik

cara menjadi pro player ml komunikasi antarpemain

Inilah alasan Mobile Legends termasuk kedalam eSports, karena kamu akan dituntut untuk bekerja sama dalam sebuah tim sebagaimana halnya sepak bola.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun komunikasi yang baik. Pertama, pastikan kamu tidak terlihat songong saat meminta bantuan rekan tim, kecuali mereka memang keterlaluan dan tidak peka.

Selanjutnya, kamu bisa manfaatkan fitur command dalam game seperti berkumpul, serang, maju, serang Lord, supaya tim kamu bisa mengatur tempo permainan.

Kemudian, kamu harus bisa mengondisikan diri untuk tidak mengeluarkan kata-kata terlarang (yang sebenarnya akan jadi ujian terberat kamu). Tujuannya adalah supaya kamu tetap fokus ke match.

Baca juga: Mengenal Tim Juara Mobile Legends di Indonesia

Cara menjadi pro player ML ini bisa jadi modal yang sangat penting buat kamu agar kedepannya bisa beradaptasi dengan tim manapun, baik yang GG ataupun yang toxic.

Tonton Match Resmi

cara menjadi pro player ml tonton match resmi

Hingga saat ini, Mobile Legends sudah jadi eSports yang punya turnamen dan kompetisinya sendiri, seperti MPL, MSC, MPL ID, MPL World Championship dan turnamen-turnamen lokal lainnya.

Tonton match-match tersebut supaya kamu juga bisa dapat inspirasi untuk menggunakan hero supaya jadi meta, mempelajari strategi arena, posisi yang oke, dan inspirasi gaya bermain kamu.

Lebih bagus lagi kalau kamu jadi punya gaya bermain yang banyak. Kamu jadi punya spesialis posisi dan hero tertentu, dan ada opsi lain yang bisa kamu mainkan. Jadi, kamu bisa bermain dalam situasi dan kondisi apapun.

Jajal Kemampuan Di Turnamen Resmi

cara menjadi pro player ml ikutan turnamen resmi

Cara menjadi pro player ML selanjutnya adalah dengan mengikuti turnamen resmi tersebut. Kamu bisa mulai dari turnamen lokal dulu supaya kamu bisa mengukir prestasi dan membuat namamu dikenal oleh pemain ML lainnya.

Ikuti berbagai macam kompetisi lokal supaya kamu juga punya win streak yang baik untuk statistik penilaian rata-rata kamu sebelum mengikuti turnamen regional.

Butuh berapa lama biasanya supaya dikenal? Ini akan berbeda dan bergantung pada daerah tempat kamu mengikuti turnamen eSports. Intinya, kamu harus bersabar melakukan cara ini supaya bisa jadi pro player Mobile Legends yang handal.

Berusaha Jadi Pemain Top Lokal Dan Global

cara menjadi pro player ml konsisten jadi top player

Langkah terakhir ini adalah Langkah yang sangat sulit, karena kamu harus mempertahankan posisi kamu sebagai pemain top lokal dan global.

Kamu akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan player ML untuk memperebutkan posisi tersebut.

Kamu harus bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada, rela tergeser posisinya dan mengambil alih posisi kamu lagi, dan rela tergelincir ke tier bawah kalau itu terjadi.

Baca juga: Hyper Carry Terbaik Mobile Legends 2022, Paling Bagus Untuk Push Rank!

Cara menjadi pro player ML soalnya bukan hanya tentang skill, tapi juga kemampuan menghadapi berbagai situasi yang tidak menentu dari player lain maupun dari game-nya sendiri. Jangan putus asa untuk menjadi pro player ya Vicigers!

Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik dari VCGamers.

Add a comment