12 Cara Mengatasi Lag Di ML (Mobile Legends), Dijamin Mabar Lancar Jaya Bro!

cara mengatasi lag di ml

Banyak cara mengatasi lag di ML, salah satu game moba yang sampai detik ini menjadi game moba yang dimainkan dari usia anak-anak hingga dewasa.

Kamu pasti sering mengalami lag atau hambatan mulai dari ketika menjalankan aplikasi Mobile Legends, saat loading screen ataupun saat bertarung di arena.

Biasanya, yang paling mengganggu adalah ketika nge-lag saat memilih hero dan saat di arena. Bisa-bisa, tim kamu akan menganggap kalau kamu sengaja AFK padahal memang ada kendala dalam masalah koneksi atau perangkat yang kamu gunakan.

Baca juga: 7 Hero ML untuk Pemula, Bikin Cepat Naik Level!

Supaya kamu tidak dianggap toxic player yang sering AFK dan turun rank saat mabar, ada baiknya kalau kamu mengamati 12 cara mengatasi lag di ML ini supaya mabar lancar jaya, Vicigers!

12 Cara Mengatasi Lag Di ML Termanjur Biar Nggak AFK Terus

Pakai Jaringan Stabil Seperti Wi-Fi

cara mengatasi lag di ml pakai jaringan 4g

Cara mengatasi lag di ML yang pertama adalah dengan menyambungkan perangkat elektronik kamu ke jaringan yang stabil. Manfaatkan jaringan 4G supaya kamu bisa terus tersambung ke server game Mobile Legends yang kamu mainkan.

Kalau kamu berada di luar koneksi yang stabil, cara selanjutnya untuk mengatasi lag adalah dengan membeli kuota dari provider yang sudah baik reputasi koneksinya.

Banyak provider yang bahkan telah menyediakan kuota khusus untuk game dengan jumlah yang oke, jadi kamu bisa pilih sesukamu.

Kamu juga harus pintar melihat lingkungan sekitarmu untuk memastikan koneksi yang digunakan stabil dan sedang online. Caranya adalah dengan memilih lokasi yang pas untuk main Mobile Legends.

Misalnya, main di salah satu café yang Wi-fi-nya mantap atau main di rumah teman tongkrongan kamu. Tentunya kamu harus izin dulu supaya teman kamu mau sharing password Wi-fi-nya.

Pakai Aplikasi Booster

cara mengatasi lag di ml pakai booster

Aplikasi booster biasanya dibagi menjadi dua, ada yang berasal dari bawaan HP kamu, ada juga yang berasal dari aplikasi pihak ketiga (third party app).

Untuk kamu yang memang HP-nya masih belum memiliki pengaturan untuk gaming, kamu bisa download aplikasi tersebut dengan gratis.

Namun, kamu harus pintar memilih aplikasi tersebut supaya tidak terjangkit oleh malware atau virus yang nantinya akan mengumpulkan data pribadi ponsel kamu.

Bagi kamu yang punya aplikasi bawaan booster dari ponselmu, kamu tinggal atur saja ke mode gaming atau istilah apapun dalam pengaturan tersebut supaya kamu tidak terganggu oleh notifikasi dari aplikasi lain ataupun teman yang jahil dengan menggunakan call supaya kamu AFK.

Baca juga: Hyper Carry Terbaik Mobile Legends 2022, Paling Bagus Untuk Push Rank!

Bersihkan HP Dari Sampah Data (Cache)

cara mengatasi lag di ml clear cache

Cara mengatasi lag di Mobile Legends selanjutnya adalah dengan menyapu bersih sisa-sisa data yang terpendam dan menumpuk di dalam ponsel kamu. Sama seperti booster, kamu bisa melakukannya baik melalui aplikasi third party maupun setting dari ponsel pintarmu.

Biasanya, menggunakan aplikasi bawaan ataupun third party untuk menghapus cache dapat dilakukan secara berkala. Maksudnya, kamu bisa membersihkan sisa data baik sebelum maupun sesudah bermain Mobile Legends.

Akan tetapi, kamu juga hendaknya menggunakan aplikasi dengan reputasi yang sudah baik agar terhindar dari spam yang tidak perlu. Setidaknya, menghapus sisa data ini akan menyegarkan HP kamu dan mendinginkan bagian processor smartphone-mu.

Tutup Aplikasi Lain Saat Hendak Main ML

cara mengatasi lag di ml tutup aplikasi

Langkah ini bisa kamu gunakan saat hendak bermain game atau menjalankan aplikasi apapun. Kamu pasti suka lalai dalam mematikan aplikasi yang sedang berjalan, kan? Supaya tidak lalai, kamu bisa cek aplikasi yang sedang berjalan dengan menekan tombol tertentu di ponsel kamu.

Biasanya, tombol tersebut ada di bagian sudut kiri atau kanan bawah, atau bagian tengah di beberapa ponsel tertentu. Kamu harus lakukan ini supaya RAM HP kamu dialokasikan sepenuhnya untuk bermain Mobile Legends.

Cara mengatasi lag di ML ini cukup krusial karena akan menambah kestabilan performa dan koneksi HP kamu.

Gunakan Setting Performance Mode

cara mengatasi lag di ml pake performance mode

Banyak variasi HP yang dimiliki oleh setiap orang, mulai dari yang khusus untuk chatting, foto-foto ataupun gaming. Cara ini akan berguna untuk kamu yang memang memiliki jenis ponsel didedikasikan untuk bermain game.

Ada bagian khusus di setting setiap HP, khususnya di bagian setting baterai. Di bagian ini biasanya tertera persentase baterai HP dan alokasi penggunaan energi tersebut untuk menjalankan performa atau fokus ke grafis.

Kamu bisa pilih performa sebagai setting tetap supaya kedepannya kamu tinggal langsung main game Mobile Legends saja tanpa harus mengganti-ganti lagi.

Ini juga akan berpengaruh terhadap penurunan persentase baterai HP kamu, jadi aturlah waktu sebaik mungkin untuk main ML supaya baterai ponsel kamu tidak kelelahan dan nantinya jadi nge-lag.

Baca juga: Wow! 10 Cara Menjadi Pro Player ML Ini Bisa Bantu Kamu Capai Top Global!

Update Game Mobile Legends

cara mengatasi lag di ml update game mobile legends

Pihak developer sudah pasti memiliki jadwal tertentu untuk meng-update game Mobile Legends yang biasanya diawali dengan server maintenance.

Dengan update tersebut, nantinya akan ada penambahan performa dan optimasi game baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Misalnya, perbaikan bug, penambahan traffic data, penambahan server, penghalusan detail skill tiap hero.

Tak jarang, lag yang ada di game ML ini juga disebabkan oleh bug tertentu. Jika kamu meng-update game Mobile Legends, kamu akan secara otomatis menggunakan versi terbaru dari aplikasi game ini.

Cara mengatasi lag di ML tersebut juga harus kamu lakukan terus menerus supaya mendapatkan banyak kompensasi dari Moonton berupa bonus reward tertentu seperti hero fragment atau diamond atau item lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat tim hero kamu.

Atur Grafik Mobile Legends Ke Mode Rendah

cara mengatasi lag di ml atur grafik ke mode rendah

Cara ini bisa kamu lakukan melalui bagian pengaturan di dalam game Mobile Legends. Kamu bisa memilih opsi system, kemudian gulir ke tab basics, dan pastikan kamu centang Smooth dalam kategori Graphics.

Walaupun grafik game Mobile Legends menjadi lebih rendah dari biasanya, setidaknya kamu bisa bertanding di mode ranked tanpa takut terjadi lag lagi. Soalnya, lag saal main ML kalau tidak diatasi akan mengganggu win streak ataupun performa kamu.

Kalau kamu punya HP yang mumpuni untuk main game, kamu bisa setting ini ke bagian Medium atau High. Namun tetap saja akan ada peningkatan suhu di ponsel kamu karena graphic card yang dipaksakan untuk memproses kualitas gambar game ini.

Intinya, kondisikan saja sesuai situasi dan kebutuhan kamu untuk pengaturan grafik ini.

Baca juga: Tips Menggunakan Phoveus MLBB Untuk Player Pemula, Blink!

Minimalisir Penggunaan Hero Dengan Animasi Skill Yang Detail

cara mengatasi lag di ml pakai hero minim efek animasi

Cara mengatasi lag di ML ini sebenarnya akan mengurangi opsi pilihan hero saat bermain di mode apapun. Contohnya, ada hero baru dengan skillset yang lebih detail dari hero lama, atau ada hero yang di-revamp sehingga tampilannya jadi lebih detail dan efek visual skill-nya diperhalus.

Hal-hal kecil tersebut akan menyebabkan lag saat kamu bertanding di arena. Kamu juga akan kesulitan untuk memperkirakan lag yang disebabkan oleh hal-hal tersebut.

Supaya tidak menggagalkan performa baik tim kamu, sebaiknya kamu dukung dengan melakukan cara-cara sebelumnya seperti setting grafik ataupun menghapus sampah data sebelum main Mobile Legends.

Tujuannya adalah supaya kamu bisa menggunakan herohero dengan efek visual tinggi tersebut. Paling tidak, hal ini akan mengurangi beban ponsel kamu memproses efek visual skill hero tertentu.

Main Mobile Legends Tidak Sambil Nge-Charge HP

cara mengatasi lag di ml tidak sambil dicharge

Bermain game sambil charge HP adalah hal yang harus kamu hindari, baik saat main ML ataupun melakukan aktivitas lain dengan HP­-mu.

Akan ada beban berlebih dalam baterai ponsel kamu jika bermain atau beraktivitas sambil mengisi daya. Selain dapat meningkatkan suhu HP, hal ini juga bisa membuat baterai kamu cepat rusak dan memuai. Akibatnya, performa ponsel kamu menurun, nge-lag dan bahkan tidak bisa digunakan lagi.

Maka dari itu, biasakan main game Mobile Legends atau aktivitas apapun tanpa charge baterai baik dengan stopkontak, USB maupun powerbank supaya suhu dan performa mesin mikro ponsel kamu stabil.

Atur Waktu Main Mobile Legends

cara mengatasi lag di ml atur waktu main ML

Cara mengatasi lag di ML ini mendukung cara sebelumnya untuk main ML tanpa charge. Kamu harus memperkirakan waktu yang optimal untuk sekedar log in, main game mode classic, brawl dan ranked dengan porsi yang wajar.

Misalnya, kamu ingin push rank saat malam hari, maka gunakanlah waktu tersebut untuk push rank hingga sebelum HP kamu suhunya seperti kompor. Alasannya, hal ini akan menyebabkan banyak lag tidak hanya saat bertanding saja, tapi saat memilih hero juga.

Disarankan untuk main game sekitar satu atau satu setengah jam, kemudian istirahatkan HP mu dulu sekitar 30 menit, lalu kamu bisa buka lagi aplikasinya kemudian push rank lagi. Ini juga sebagai antisipasi kalau kamu kalah melulu main ranked agar tidak terbawa emosi.

Baca juga: Cara Menang di Rank Match Mobile Legends Tanpa Hero Tank

Update Info Koneksi Jaringan Atau Server Mobile Legends

cara mengatasi lag di ml update server di ML

Cara yang satu ini untuk mengatasi lag di ML merupakan cara yang penting untuk kamu lakukan supaya kamu bisa menyesuaikan situasi koneksi di tempat tinggal kamu dengan server Mobile Legends yang kamu gunakan.

Lag di ML salah satunya juga disebabkan oleh server yang sedang kelebihan muatan atau overload, serta gangguan jaringan provider yang kamu gunakan. Kamu harus rajin mencari update informasi gangguan-gangguan tersebut supaya tidak asal-asalan log in dan bermain mode ranked.

Kalau penyebabnya adalah server overload, kamu bisa menunggu hingga server-nya kembali normal. Namun, kalau penyebabnya adalah jaringan provider kamu, maka kamu bisa gunakan wi-fi temanmu atau wi-fi di lokasi tertentu dengan harapan mereka menggunakan provider yang berbeda dari kamu.

Restart HP Dan Game

cara mengatasi lag di ml restart aplikasi ML atau restart HP

Cara mengatasi lag di ML yang satu ini sering digunakan oleh banyak orang, supaya performa ponsel dan aplikasi kembali normal. Opsi ini bisa kamu lakukan ketika cara-cara di atas kurang bisa mengatasi lag saat main ML.

Tetapi biasanya, dengan menurunkan beberapa parameter dari ponsel khususnya bagian grafik, serta perbaikan jaringan koneksi internet, sudah dapat menyembuhkan lag saat main ML.

Kalau misalnya masih tetap lag, berarti opsi terakhir adalah upgrade HP kamu. Untungnya, Mobile Legends termasuk game yang ramah lingkungan sehingga dengan kualitas HP saat ini kamu bisa memainkan ML tanpa banyak lag.

Baca juga: Bocoran Hero Baru Xavier Mobile Legends

Itulah ke-12 cara mengatasi lag di ML yang dapat kamu coba supaya mabar lancar jaya dan tidak emosi lagi saat push rank maupun main mode classic. Sesuaikan cara di atas dengan masalah yang kamu hadapi ya Vicigers!

Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik dari VCGamers.

Add a comment