16 Hero Counter Clint, Tangkis Ulti Dan Skill-nya!

counter clint cover 1

Counter Clint di Mobile Legends season 23 ini cukup marak disuarakan oleh player yang kewalahan dengan buff bawaan season 22 lalu.

Ada peningkatan yang cukup drastis khususnya pada physical attack Clint yang menghasilkan damage lebih sakit dari sebelumnya.Karena alasan itulah, Clint kembali digunakan oleh player khususnya saat ranked match dengan build yang lebih baru menggunakan items terkini juga.

Upgrade ini tentunya harus bisa ditangkal oleh player lain yang bermain menggunakan hero lain saat menghadapi Clint di arena.Untuk counter Clint, dibutuhkan strategi seperti ambush, ganking, bahkan mencegat Clint di gold lane dan menutup pergerakannya di sana.

Baca juga: Tampilan Clint Skin Starlight Januari 2022

Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas tentang hero yang bisa meredam pergerakan Clint, baik di gold lane maupun saat mid dan late game.

16 Hero Counter Clint Anti Pusing Termanjur Versi VCGamers

Beatrix

counter clint beatrix

Hero counter Clint yang sama mematikannya dengan Clint di ranked match adalah Beatrix. Alasannya, Beatrix bisa bergonta-ganti senjata yang juga mengubah skill pasif dan ulti-nya. Kamu juga akan memanfaatkan skill pasif dan ulti Beatrix ini supaya Clint bisa dikalahkan dengan cepat.

Pertama-tama, kamu dapat memosisikan Beatrix di lane gold untuk farming dan membeli item penambah physical attack karena kamu akan banyak menggunakan burst ulti. Di saat yang bersamaan, gunakan skill 1 dan kalau perlu, skill 2 untuk mengganti kombinasi senjatanya.

counter clint beatrix vs clint

Beatrix memiliki skill khusus untuk memilih dual pistol-nya dan pilihlah senjata Renner dan Wesker untuk burst damage yang akan kamu gunakan untuk counter Clint.

Pastikan Beatrix punya cukup buff dan item saat memasuki mid game karena akan ditugaskan sebagai hero penangkal serangan ulti Clint.

Opsi lainnya, kamu bisa menggunakan rocket launcher dan machine pistols untuk serangan ulti AoE. Lakukan ini apabila Clint di-cover oleh rekannya sehingga ia akan tetap terkena dampak serangan Beatrix.

Brody

counter clint brody

Brody juga menjadi salah satu marksman yang jadi mimpi buruk bagi player karena telah dinobatkan sebagai salah satu hero meta di season ini bersama dengan Beatrix dan Clint. Kabar baiknya, kamu bisa pakai Brody untuk menghadapi Clint.

Sama seperti strategi Beatrix, kamu harus banyak farming gold dulu supaya bisa membeli tambahan item untuk physical damage dan true damage, serta penambah attack speed jika diperlukan. Semua skill Brody bisa kamu manfaatkan untuk menghadapi skillset Clint.

counter clint brody vs clint

Gunakan kombinasi skill 2 dan ulti Brody supaya Clint terkena stun sehingga bisa kamu lanjutkan dengan ulti Brody yang damage-nya cukup sakit.

Sebelum melakukan ini, serang Clint supaya Brody bisa menandainya dengan Abyss Mark yang akan aktif ketika Brody melakukan ulti.

Skill 1 Brody juga bisa kamu pakai untuk menghadang Clint dari jauh, namun pastikan Clint sedang tidak ditemani oleh tank ataupun support supaya serangan Brody lebih efektif. Skill 1 ini bisa memperlambat pergerakan Clint.

Baca juga: Brody Sempat Jadi Playmaker Midlane, Kini Lebih Pas Jadi Sidelaner!

Claude

counter clint claude

Counter Clint dengan Claude akan memanfaatkan kemampuan Claude untuk menghambat pergerakan Clint, sama seperti saat menggunakan Brody. Bedanya, Claude punya kemampuan poke yang lebih baik daripada Brody.

Claude bisa menumpuk attack speed-nya dengan menggunakan skill 1 untuk menyerang minions maupun lawan. Kamu bisa bermain di side lane atau gold lane langsung sambil memantau Clint lawan. Sambil menunggu, kamu bisa gunakan skill 1 untuk stack attack speed.

Memasuki mid game, kamu bisa mulai poke atau kalau bisa, kill Clint dengan ulti dan kombo basic attack Claude. Kalau merasa tidak mampu mengalahkannya, gunakan flicker atau skill 2 supaya Claude bisa kabur dari jarak tembak Clint.

Tentukan timing dan strategi kamu untuk menyerang Clint, karena ia memiliki skillset yang sangat sakit saat mid game.

Natan

counter clint natan

Hero yang juga bisa kamu gunakan untuk poke Clint adalah Natan, dengan skill ulti-nya yang memberikan magic damage cukup tinggi apabila mengenai target.

Kalau kamu memakai item dengan physical damage, maka kamu akan memanfaatkan skill pasifnya. Tapi kalau kamu memakai item magic damage ataupun magic lifesteal, kamu harus pandai menggunakan skill 1, 2 dan ulti-nya soalnya cukup sulit khususnya untuk pemula.

counter clint natan vs clint

Kamu dapat mengganggu Clint di gold atau side lane supaya ia tidak bisa farming dan menembus turret tim kamu dari pinggir. Spam skill 1 untuk menghadapi Clint yang menembak sambil dash ke arah belakang dan kejarlah hingga ia menjauh dari area turret tim kamu.

Jebaklah Clint dengan rekan timnya menggunakan skill 2 untuk persiapan menggunakan ulti Natan. Kamu harus berada di jarak yang cukup dekat dengan tiruannya Natan supaya bisa bertukar tempat dengannya.

Lakukan ini ketika Clint menggunakan skill 2 atau ulti-nya.

Baca juga: 5 Cara Main Hero Natan Mobile Legends, OP Banget Bro!

Edith

counter clint edith

Keuntungan menggunakan Edith untuk counter Clint ada pada role tank dan marksman-nya. Terlebih lagi, Edith tetap memiliki efek status sebagai mode tank-nya saat ia menjadi marksman. Seperti halnya Natan, kamu harus menentukan build antara physical atau magic damage.

Karena Edith memiliki dua mode, kamu bisa menangkal serangan burst Clint dengan mode tanker, kemudian lakukan counterattack dengan mode marksman-nya.

counter clint edith vs clint

Di early game, Edith bisa tetap digunakan sebagai carry atau cover sambil farming buff merah dan gold. Kamu juga bisa mulai menghadang Clint dari awal game dengan skillset mode tank-nya yang hampir mirip dengan Jawhead (skill 2).

Di mode marksman, kamu akan diuntungkan dengan skill pasif mode tank sehingga Edith setidaknya bisa menghadapi burst skill Clint. Balas serangan tersebut dengan skill 1 dan 2 mode marksman supaya lawan kehilangan core-nya dan tim kamu bisa fokus ke hero atau turret lawan.

Khufra

counter clint khufra

Trik yang bisa kamu lakukan dengan Khufra adalah memanfaatkan skill 1 dan 2-nya untuk poke dan mengganggu Clint. Khufra juga diuntungkan dengan skill blink-nya yang cukup jauh asalkan diarahkan dengan tepat.

Kalau Clint menggunakan skill 2-nya, Khufra bisa mengejar Clint dengan skill 1 tersebut. Setelah kamu berada dekat dengan Clint, gunakan skill 2 atau ulti untuk menyerangnya. Skill 2 Khufra juga bisa digunakan untuk kabur dari serbuan lawan sambil menyerang mereka.

Menggunakan Khufra untuk melawan Clint akan memanfaatkan kelebihannya sebagai tanker yang memiliki banyak HP yang juga termasuk salah satu hero spesialis mid dan late game.

Baca juga: Harus Tahu! 6 Kelebihan Dan Kekurangan Hero Khufra Mobile Legends Supaya Nggak Asal Pakai Terus!

Gloo

counter clint gloo

Hero tanker Gloo ini akan cukup merepotkan untuk Clint yang mengandalkan movement speed-nya. Sebagai Gloo, kamu bisa memutus jalur pergerakan Clint dengan skill 1 dan 2 Gloo.

Kamu harus ingat bahwa untuk counter Clint secara efektif, gunakan skill 1 terlebih dulu sebelum skill 2 supaya Gloo bisa menghasilkan magic damage yang lebih besar dengan menyeret Clint ke arah slime yang di-spawn oleh skill 1 Gloo.

Menariknya, kamu bisa gunakan ulti Gloo untuk mengendalikan hero lawan. Selama mengendalikan hero lawan, kamu bisa menggerakkan mereka ke arah turret atau rekannya untuk menyerang mereka. Ini juga bisa kamu gunakan untuk regen HP Gloo.

Akan tetapi, gunakan ulti ini terhadap Clint ketika HP Gloo cukup supaya tidak kena kill bersamaan dengan Clint yang kamu kendalikan.

Franco

counter clint franco

Hero yang sedang kena ban karena ada bug dan terlalu OP ini juga bisa kamu gunakan untuk melumpuhkan Clint. Dengan skillset yang bisa stun dengan damage yang cukup tinggi ini, kamu bisa membuat Clint terkena banyak kill khususnya di early game.

Pakai skill 2 ketika Franco berada di dekat Clint supaya ia terkena efek slow. Setelah itu, seretlah Clint dengan skill 1 ke arah rekan tim kamu untuk di-ganking.

Kalau kamu ingin membantai Clint dengan Franco, gunakan ulti-nya supaya Clint makin tidak berkutik dengan pukulan keras beruntun yang dilakukan Franco.

Kamu harus banyak membelikan item penambah movement speed untuk Franco di late game untuk bisa menghindari counterattack Clint yang cukup cepat, seperti skill ulti dan 2-nya.

Baca juga: Moonton Ban Franco Mobile Legends, Ini Alasannya

Yi Sun-Shin

counter clint yi sun-shin

Menggunakan Yi Sun-Shin untuk counter Clint berarti memanfaatkan skill 1 dan 2 di early game serta skill 2 dan ulti saat mid game.

Yi Sun-Shin memiliki kemampuan untuk merombak base tim kamu dan menyerang hero lawan dengan base tersebut ketika levelnya sudah cukup tinggi.

Ganggulah Clint di gold lane dengan skill 1 dan 2, sambil sedikit farming buff merah dan speed. Setelah itu, kamu bisa mulai kombinasi skill 2 dan ulti untuk menghambat pergerakan Clint dari jauh.

Apabila Clint menggunakan skill 2-nya, serang balik dengan skill 1 Yi Sun-Shin untuk menyerangnya dari jauh sehingga ia terkena stun. Situasi ini bisa kamu manfaatkan untuk kill atau kabur dari Clint.

Benedetta

counter clint benedetta

Menghadapi Clint dengan Benedetta berarti akan memanfaatkan blink skill-nya yang cukup banyak, bahkan basic attack-nya pun bisa kamu gunakan untuk blink. Ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah Clint kabur-kaburan dari kamu.

Di early game, kamu bisa menyaingi Clint dengan leluasa karena kamu cukup menahan basic attack hingga bar pedang penuh, lalu lepaslah supaya Benedetta menyerang Clint sambil dash. Setelah itu, kamu juga bisa lanjutkan dengan skill 1 untu kembali ke arah tim kamu.

Mid dan late game merupakan adu kekuatan blink antara Benedetta dan Clint, sehingga pastikan kamu build Benedetta dengan item physical damage dan shield supaya bisa menyaingi burst-nya Clint.

Gunakan ulti Benedetta supaya dapat memotong jalur kabur Clint dan rekannya.

Baca juga: 5 Kelebihan Benedetta Mobile Legends, Kamu Wajib Tahu Ini!

Lancelot

counter clint lancelot

Counter Clint dengan Lancelot juga hampir mirip dengan cara Benedetta, yakni kamu harus bisa mengatur timing ulti, skill 2 dan 1 supaya tepat sasaran. Bedanya, Lancelot punya jarak yang lebih pendek dari Benedetta.

Aturlah posisi Lancelot ketika akan menyerang Clint supaya tepat sasaran. Skill 1 Lancelot bisa kamu spam di early game, disambung dengan skill 2-nya. Akan ada efek skill pasif yang menambah damage serangan Lancelot terhadap Clint.

Skill pasif ini juga akan menambah efek dari item dan battle spell yang digunakan Lancelot agar bisa mengalahkan Clint dengan cepat.

Saber

counter clint saber

Kemampuan hero assassin satu ini sudah tidak diragukan lagi. Player biasanya menggunakan Saber untuk ambush dengan cara bersembunyi di semak-semak untuk kemudian menyerang dengan ulti-nya.

Kemampuan ini bisa kamu gunakan untuk menghadapi Clint, yang setidaknya bisa membuat Clint jadi lebih waspada terhadap kehadiran Saber. Manfaatkan kelengahan tersebut untuk menipu Clint dan gunakan skill 1 dan 2 ketika kamu berhasil mengelabui Clint.

Saber akan membutuhkan banyak item yang bisa meningkatkan physical damage dan critical damage-nya, sehingga ia bisa menangkal berbagai serangan Clint di mid dan late game dengan ulti-nya yang bisa one hit KO lawan.

Baca juga: Tips Gameplay Saber di Mobile Legends, Carry Tim Sampai Victory!

Ling

counter clint ling

Hero Ling ini bisa jadi tukang poke handal kalau kamu bisa menguasai skill 1 nya yang bisa lompat dan jalan di dinding arena. Apalagi Clint merupakan hero dengan skill blink dan burst yang cukup merepotkan di mid game.

Ling bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari pergerakan lawan di early game sambil jungling dan mengambil buff merah. Ketika Clint datang, kamu bisa lompat ke dinding setelah poke dengan skill 2-nya.

Kalau Clint menggunakan skill 1 dan 2-nya, langsung saja kamu kabur dari jangkauan serangannya untuk mengambil buff gold terlebih dulu. Akan lebih bagus kalau kamu mengambil item yang bisa meningkatkan critical damage Ling.

Saat mid game, manfaatkan skill 1 untuk menghindari Clint dan gunakan ulti-nya yang akan memberikan damage sakit terhadap Clint. Saat menggunakan ulti, Ling juga akan kebal terhadap serangan apapun selama 1,5 detik saja.

Helcurt

counter clint helcurt

Kalau Ling menggunakan dinding untuk counter Clint, maka Helcurt akan menggunakan kegelapan untuk membuat Clint kehilangan jarak pandangnya. Ini akan kamu gunakan saat mid dan late game sehingga Helcurt bisa memberi ruang untuk rekan tim kamu menyerang Clint.

Saat match dimulai, skill 2 Helcurt bisa menyerang Clint dari jarak jauh dan memperlambat gerakannya. Kalau kamu berani mendekat ke arah Clint, gunakan skill 1 supaya Helcurt teleportasi sekaligus menyerang Clint dan memperlambat gerakannya.

Karena skillset Helcurt yang kebanyakan adalah skill yang sangat ampuh untuk taktik ambush, manfaatkan ulti-nya supaya Clint kehilangan arah. Dalam situasi ini, Helcurt menjadi lebih cepat, baik dari attack maupun movement speed-nya.

Baca juga: Hyper Carry Terbaik Mobile Legends 2022, Paling Bagus Untuk Push Rank!

Bruno

counter clint bruno

Hero pemain bola yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk menyerang Clint dari jauh dengan tendangan mautnya yang bisa memberikan critical damage cukup sakit.

Kalau kamu berhasil build Bruno, dijamin Clint akan kewalahan menghadapi ulti dari Bruno.Strategi menggunakan Bruno sama dengan menggunakan Ling, yaitu farming gold untuk membeli item penambah critical damage.

Bruno juga sudah dilengkapi dengan skill pasif yang menambah attack speed-nya, jadi kamu bisa menendang bola ke arah Clint lebih cepat.

Redamlah skillset Clint dengan spam ulti Bruno di mid dan late game di kesempatan apapun, karena ini menjadi senjata pamungkas yang efektif membunuh Clint dengan cepat.

Kagura

counter clint kagura

Hero Kagura juga bisa kamu gunakan untuk counter Clint khususnya saat Kagura memegang payungnya. Mode Kagura memegang payung tersebut bisa mengeluarkan ulti skill tipe burst yang tentunya akan membuat Clint kelabakan.

Kamu harus bisa mengatur penggunaan skill 1 dan 2 karena mempengaruhi pergerakan dan serangan Kagura. Ulti Kagura mode memegang payung dan tanpa payung juga bisa kamu manfaatkan untuk mendorong atau menarik Clint.

Ketika Clint menggunakan skill 2 atau 1, counter dengan ulti mode tanpa payung supaya Kagura bisa menariknya. Kalau Clint sedang melambat, kamu bisa gunakan ulti mode payung agar Clint kena burst damage.

Baca juga: Item Build Kagura Tersakit di Mobile Legends, Nggak Ada Obat!

Herohero ini bisa kamu gunakan dalam komposisi tim yang sama ketika menghadapi Clint, ataupun dalam komposisi tim yang berbeda. Jadi, jangan takut lagi sama Clint yang di-buff Moonton ya Vicigers!

Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik dari VCGamers.

Add a comment