8 Battle Item Pokemon Unite Dan Fungsinya, Ada Teleport-nya Lho!

battle item pokemon unite cover 1

Bingung dengan battle item Pokemon Unite? Game moba yang satu ini telah membagi jenis item yang dapat digunakan oleh trainer di arena sejalan dengan naiknya level trainer.

Battle item memiliki jumlah yang lebih sedikit daripada held item dan hanya bisa kamu bawa ke arena sebanyak satu item saja. Oleh karenanya, penting untuk kamu mengetahui battle item dan efek-efeknya supaya Pokemon kamu bisa beradaptasi di arena dan memenangkan pertandingan.

Sejauh ini, Pokemon Unite merilis sebanyak 8 battle item yang memiliki nama dan kegunaan yang beragam. Beberapa di antaranya dapat berguna untuk meningkatkan status maupun memberi status efek pada pokemon lawan.

Baca juga: Inilah Held Item Pokemon Unite Yang Harus Di Upgrade Terlebih Dahulu!

Berikut penjelasan 8 item tersebut beserta efek dan cara menggunakannya di arena.

Rincian 8 Battle Item Pokemon Unite Yang Efektif Repotkan Lawan

Eject Button

battle item pokemon unite eject button 1

Battle item Pokemon Unite yang satu ini sangat popular digunakan para trainer karena efeknya yang dapat memindahkan pokemon penggunanya ke area yang dituju. Item ini akan didapat ketika kamu mencapai level 11.

Biasanya, item ini akan digunakan kalau Pokemon kamu dalam kepungan lawan atau terkena ganking. Kemampuan item ini juga tidak dibatasi oleh situasi ini saja.

Kalau kamu berniat untuk melakukan ambush atau serangan dadakan, kamu bisa menggunakan Eject Button untuk mendekati lawan dan langsung menyerang mereka. Tapi kalau kamu bermain defensif, maka kamu bisa menggunakan ini untuk menjauh dari lawan kamu.

Meskipun begitu, kamu harus memperkirakan jarak teleportasi Eject Button supaya taktik attack atau defense kamu tetap efektif. Biasanya, banyak trainer pemula yang salah memperkirakan jarak teleportasi item ini.

battle item pokemon unite eject button cara memakainya dengan absol

Eject Button akan sangat berguna untuk hampir semua Pokemon sebagai cara untuk menambah kombinasi serangan atau menambah kecepatan pokemon tertentu.

Pokemon dengan attack yang baik seperti Lucario dan Absol bisa kamu gunakan untuk formasi menyerang dengan item ini, sementara pokemon seperti Snorlax dan Slowbro akan fokus pada taktik defensif dengan menggunakan battle item Pokemon Unite yang satu ini.

Sebagai item yang sangat sering dibawa oleh trainer pemula maupun berpengalaman, Pokemon Unite memberi item ini CD selama 55 detik. Itu artinya, kamu harus perkirakan jumlah penggunaan battle item ini supaya tidak mengganggu formasi yang kamu terapkan.

X Attack

battle item pokemon unite x attack 1

Sesuai dengan namanya, battle item Pokemon Unite ini akan mempengaruhi attack pokemon penggunanya. Kamu bisa mendapat item ini saat mencapai level 7.

Adapun status pokemon yang mengalami peningkatan adalah attack dan sp. attack, dan item ini sangat direkomendasikan untuk pokemon dengan kemampuan menyerang yang tinggi.

Alasannya, battle item di arena Pokemon Unite ini akan menjadikan pokemon tersebut sebagai core atau tukang serang pokemon lawan di menit tertentu saat pertandingan berlangsung.

battle item pokemon unite x attack cara memakainya dengan venusaur

Contohnya, kamu memakai Talonflame, maka saat Fletchling berubah menjadi Talonflame dan mencapai level maksimum, kamu bisa menambah attack-nya lagi supaya menghasilkan damage yang sakit.

Kalau kamu menggunakan pokemon tipe support, item ini tidak akan efektif karena support biasanya lebih membutuhkan battle item peningkat kecepatan dan defense. Maka, item ini kurang cocok untuk Wigglytuff.

Selain Talonflame, kamu bisa gunakan item ini untuk Venusaur, Cinderace, Absol dan Greninja. Paling tidak, ketika level trainer kamu masih rendah, rekomendasi ini bisa jadi solusi supaya kamu cepat naik level dan mendapat battle item yang lebih berimbang efeknya.

Item ini memiliki CD selama 40 detik.

Baca juga: Kupas Tuntas Build Greninja Pokemon Unite Ter-GG Saat Ini!

Fluffy Tail

battle item pokemon unite fluffy tail 1

Battle item ini bisa kamu gunakan untuk farming di lane jungle dan bisa kamu dapatkan saat mencapai trainer level 10, 1 level dibawah Eject Button.

Jika kamu berniat untuk farming buff untuk menambah poin yang bisa kamu bawa ke goal, maka ada baiknya kalau kamu membawa item ini agar lebih mudah mengalahkan Wild Pokemon.

Tipe-tipe Wild Pokemon di arena Pokemon Unite ini ada yang bisa menambah poin energi dan EXP, ada juga sebagai peningkat status, kemudian ada juga yang memberikan banyak poin untuk goal.

battle item pokemon unite fluffy tail cara memakainya dengan greninja

Trainer yang membawa item ini ke pertarungan sudah pasti akan rajin farming dan berupaya untuk mem-booking Zapdos di Mid lane yang muncul 2 menit terakhir di arena. Kamu juga dapat melakukan hal yang sama apabila ingin mendapat banyak poin dengan mengalahkan Zapdos.

Pokemon-pokemon yang cocok menggunakan item ini antara lain adalah pokemon yang memiliki attack dan speed tinggi seperti Pikachu, Greninja, Zeraora dan Absol. Kamu juga bisa membawa item ini untuk Machamp, Dragonite, Tsareena dan Garchomp yang bisa burst attack.

Intinya, Fluffy Tail adalah satu-satunya battle item Pokemon Unite terbaik untuk jungling hingga saat ini. Gunakanlah dengan bijak sesuai dengan taktik karena item ini memiliki CD selama 25 detik.

Baca juga: Tips Build Dragonite Terpopuler, Pokemon Lawan Auto Kejang!

Potion

battle item pokemon unite potion 1

Potion mungkin sudah tidak asing lagi, yakni merupakan item penambah HP yang bisa kamu dapatkan saat mencapai trainer level 3. Battle item ini akan menjadi yang pertama untuk kamu bawa ke arena.

Potion dapat memberikan restorasi HP yang cukup tinggi, sebanyak 20 hingga 25% dari HP pokemon kamu. Ini akan cukup berguna saat kamu kurang dapat support atau buff di arena.

Sekilas memang battle item ini akan kurang berguna karena kamu bisa mendapat heal dari pokemon support atau Wild Pokemon di arena. Namun, kamu akan membutuhkan Potion di saat berada jauh dari lane buff ataupun rekan tim kamu.

Meskipun demikian, kamu harus usahakan HP pokemon yang kamu gunakan tidak sampai sekarat, soalnya 20 hingga 25% masih belum aman untuk kabur dari pokemon lawan.

Semua pokemon bisa kamu beri item ini karena efeknya yang universal, yang harus kamu perhatikan adalah timing penggunaannya karena CD dari Potion adalah 30 detik.

X Speed

battle item pokemon unite x speed 1

Battle Item Pokemon Unite yang satu ini akan mempengaruhi speed pokemon penggunanya, dan kamu bisa mendapatkan item ini saat menginjak level 8 atau setelah mendapat X Attack.

Dengan efek battle item ini, pokemon kamu akan mendapat tambahan movement speed selama beberapa saat yang bisa kamu manfaatkan untuk kabur atau mengejar lawan.

Yang special dari X Speed ini adalah efeknya yang juga bisa menetralkan debuff speed dari skill pokemon lawan. Kamu jadi tidak harus cemas terkena efek slow tersebut.

battle item pokemon unite x speed cara memakainya dengan pikachu

Misalnya, Eldegoss pokemon lawan menggunakan skill 2-nya ke arah pokemon-mu. Ketika kamu sedang dalam efek X Speed, kamu akan terbebas dari debuff speed skill Eldegoss tersebut.

Item ini akan bermanfaat ketika kamu masih level 8 sebelum kamu mencapai level 11 dan mendapatkan Eject Button. Banyak player yang membandingkan efisiensi kedua item ini karena hampir memiliki efek yang sama.

Terlepas dari perdebatan tersebut, X Speed setidaknya akan memberi kamu kesempatan untuk menjauh dari pokemon lawan tanpa terkena debuff karena item ini memiliki CD selama 40 detik.

Slow Smoke

battle item pokemon unite slow smoke 1

Slow Smoke memberikan dampak debuff untuk pokemon lawan yang berbeda dari battle item lain. Kamu akan mendapat item ini saat mencapai level 13, atau setelah mendapat Eject Button.

Efek dari Slow Smoke adalah debuff speed pokemon lawan atau memperlambat mereka (slow) dengan asap yang ditimbulkan dari item tersebut. Ini akan memberimu kesempatan untuk kabur dari pokemon lawan.

Biasanya, Slow Smoke akan dibandingkan juga dengan X Speed karena bertujuan untuk menjauh tanpa terkena serangan lawan. Akan tetapi, Slow Smoke bisa lebih memberi efek ganda apabila ada pokemon support di tim kamu yang juga bisa debuff speed lawan.

battle item pokemon unite slow smoke cara memakainya

Pokemon yang cocok dengan item ini adalah pokemon dengan speed rendah seperti Snorlax, Dragonite, Garchomp dan Charizard.

Dengan item ini, keempat pokemon tersebut bisa saja langsung counterattack lawan dengan serangan burst mereka semacam Hyper Beam atau Flamethrower.

Sama seperti X Speed, item ini punya CD selama 40 detik.

Baca juga: Mau Coba/Sering Pakai Charizard? Inilah Build Terbaiknya di Pokemon Unite!

Full Heal

battle item pokemon unite full heal 1

Full Heal juga merupakan item yang sangat efektif untuk menangkal debuff yang diberikan oleh pokemon di arena, khususnya saat kamu ditelantarkan di lane terjauh oleh rekanmu.

Efek dari item yang bisa kamu dapatkan di level 14 ini adalah menyembuhkan semua debuff status yang diberikan oleh pokemon lawan atau Wild Pokemon dan akan kebal terhadap efek debuff selama beberapa saat. CD item ini adalah 40 detik, sama seperti X Speed dan Slow Smoke.

Kalau kamu berencana menggunakan item ini, bawalah ketika kamu hendak menjadi pokemon core atau tanker karena kamu akan banyak melakukan push dan menghadang pokemon lawan serta menjaga lane tim kamu.

Di late game, kamu juga mungkin akan banyak menghadapi lawan yang ingin mengalahkan Zapdos, dan kamu harus menghalangi mereka untuk mengalahkan Zapdos tersebut dengan dukungan Full Heal.

Goal Getter

battle item pokemon unite goal getter 1

Battle item Pokemon Unite ini merupakan item terakhir yang akan kamu dapatkan dari reward level trainer, yaitu pada level 17.

Lamanya pemerolehan item ini juga agak kurang dibandingkan dengan fungsi battle item lainnya, karena efek dari item ini hanya menambah poin untuk goal sebanyak dua kali lipat saja.

Adapun untuk CD dari item ini adalah selama 120 detik, ditambah lagi kamu hanya bisa menggunakan ini apabila kamu tidak terkena kill lawan.

Banyak trainer yang menganggap Goal Getter kurang efektif karena perannya bisa digantikan dengan mengalahkan Zapdos, Regigigas dan Drednaw.

Baca juga: Strategi Pokemon Unite “Drednaw” Ini Bisa Buat Kamu Menang Di Setiap Game!

Itulah delapan battle item Pokemon Unite yang bisa kamu gunakan sesuai dengan taktik yang ingin kamu terapkan. Dengan rincian tersebut, diharapkan kamu bisa menemukan racikan tim kamu sendiri ya Vicigers!

Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik dari VCGamers.

Add a comment