Tips & Trik Windows 10 Yang Wajib Kamu Tahu – Part 1

Windows 10 tips & tricks

Berikut ini adalah panduan agar kamu menjadi master dalam pengoperasian Windows 10. Pasti banyak sebagian besar dari kamu yang belum tahu soal ini, dari berbagai macam shortcut tersebunyi hingga cara untuk menghemat baterai

Baik kamu telah menggunakan Windows 10 selama bertahun-tahun atau baru saja upgrade dari Windows 7 atau 8.1. Banyak tips, trik, dan fitur tersembunyi baik yang baru atau lama untuk dipelajari, yang akan membuat penggunaan laptop/PC kamu setiap hari lebih cepat dan efisien. Belajar mengoperasikan Windows 10 menjadi lebih cepat dan lebih produktif di laptop/PC kamu, hal ini mungkin menjadi sangat menarik karena banyak dari kalian yang masih bekerja dari rumah akibat adanya pandemi yang berkepanjangan ini.

Microsoft biasanya tidak mempublikasikan fitur tersembunyinya seperti yang dilakukan Apple. Hal ini tentunya akan mempersulit pengguna Windows untuk mengetahui cara menggunakan OS yang mereka pakai sehari-hari secara maksimal dan efisien.

Apa kalian tahu, bahkan nyatanya mempelajari cara upgrade ke Windows 10 secara gratis pun bisa jadi rumit. Kamu pasti ingin melakukan hal ini secepatnya, karena dukungan untuk Windows 7 telah berakhir tahun lalu. Jadi, apa pun merk laptop/PC kamu, baik Dell, HP, Asus, Lenovo, dll yang menggunakan Windows 10, beberapa tips dan trik yang akan segera kita bahas ini akan membantu kamu tetap fokus dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan nantinya.

  • Minimize Semua Window Kecuali Yang Aktif

 

https://youtu.be/2aCBDLHsKMU

Jika layar desktop kamu terlalu penuh dengan Window yang terbuka, kamu dapat dengan cepat me-minimize semuanya kecuali yang sedang kamu gunakan.

Cukup pilih dan klik bar judul pada Window yang ingin kamu tetap buka. Kemudian, tahan mouse ke bawah dan gerakkan/goyangkan Window kanan kiri atau atas bawah dengan cepat. Setelah beberapa goyangan cepat, semua Window terbuka lainnya akan ter-minimize, menyisakan Window yang telah kamu goyangkan terbuka. Keren, kan? Pasti kalian baru tahu!

  • Buka Menu ‘Start’ Rahasia

start menu rahasia windows 10
Start menu rahasia Windows 10

Kamu tahu kan kalau untuk masuk ke menu Start, kamu harus menekan ikon Windows di kiri bawah layar atau di keyboard kamu. Tetapi Windows 10 menyertakan menu Start rahasia yang kurang dikenal, padahal menu ini dapat membuat kita mengakses fitur-fitur penting seperti Command Prompt, Control Panel dan Task Manager jauh lebih mudah. Kita kasih tahu nih, kamu dapat mengaksesnya dengan dua cara berbeda, baik dengan menekan tombol Windows + X, atau klik kanan ikon Windows / tombol Start.

  • Buat Event Tanpa Membuka Aplikasi Kalender

kalender cepat windows 10
Cara mengisi event/acara tanpa membuka kalender di Windows 10

Pembaruan terbaru Windows 10 memungkinkan kamu dengan cepat menambahkan event/acara ke kalender Microsoft kamu langsung dari Taskbar, tanpa benar-benar harus membuka kalender sama sekali. Berikut cara melakukannya:

  1. Pada taskbar, silahkan klik kotak dengan waktu dan tanggal di pojok kanannya;
  2. Klik tanggal saat kamu ingin menjadwalkan event/acara;
  3. Masukkan nama acara, waktu, dan lokasi;
  4. Terakhir, klik simpan. Maka event/acara tersebut akan muncul di aplikasi Kalender di seluruh perangkat dengan akun Microsoft yang kamu miliki.
  • Mengambil Screenshot

Snip & Sketch
Fitur Snip & Sketch di Windows 10

Walaupun ini benar-benar dasar, kita yakin pasti sebagian besar dari kalian tidak tahu bagaimana cara mengambil screenshot yang cepat di laptop/PC dengan OS Windows 10.

Setidaknya ada beberapa cara berbeda untuk mengambil tangkapan layar pada Windows 10. Jika kamu ingin menangkap dan menyimpan gambar seluruh layar, cara termudah adalah dengan menekan tombol Windows + tombol Print Screen, dan gambar tersebut akan tersimpan di folder Pictures – Screenshots.

Untuk menangkap hanya satu bagian dari layar kamu, tekan tombol Windows + Shift + S untuk membuka tool bernama Snip & Sketch, yang memungkinkan kamu meng-klik dan drag untuk membuat tangkapan layar, yang disimpan ke Clipboard kamu.

Gimana Vicigers? Masih mau lanjut ga soal tips dan triknya? Kita lanjut di Part 2 setelah ini ya.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!