Catat! Formasi Terbaik Mobile Legends Dengan Meta Hero Season 23, Kuasai Semua Lane!

formasi terbaik mobile legends cover

Ada banyak formasi terbaik Mobile Legends yang tersedia untuk kamu terapkan dalam setiap match, baik classic maupun ranked. Tujuan formasi ini pastinya untuk memenangkan pertandingan.

Namun, kamu juga pasti kebingungan memilih atau menerapkan formasi yang pas untuk kamu terapkan saat match, karena setiap anggota tim cenderung keasyikkan sama posisinya masing-masing sampai lupa peran mereka.

Kalau hal di atas sampai terjadi, kamu bisa langsung jadi bulan-bulanan hero lawan yang memiliki persiapan dan formasi yang lebih rapi.

Moonton juga telah sengaja memberikan hero dengan kemampuan dan spesialis yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu sebagai salah satu player ML ini harus paham soal posisi dan role para hero.

Baca juga: 10 Hero ML yang Bagus untuk Push Rank Season 23

Di bawah ini kamu akan menemukan tiga opsi formasi terbaik untuk kamu terapkan saat match. Kamu bisa mulai melakukannya baik dengan kawan satu tongkrongan maupun dengan orang asing.

3 Formasi Terbaik Mobile Legends Di Meta Season 23

Formasi 1-3-1

Melalui formasi 1-3-1 ini, kamu akan memprioritaskan serangan dari arah mid lane tim kamu dengan memosisikan gold laner dan offlaner sebagai hero yang bisa dilepas sendiri.

Dalam formasi ini, kamu bisa menggunakan hero mage dan support serta hero tanker untuk 3 posisi di mid lane. Sementara itu, kamu bisa menggunakan hero marksman di gold lane dan assassin atau fighter sebagai offlaner.

Saat early game, formasi tersebut akan berguna untuk offlaner dan gold laner farming tanpa harus terganggu oleh rekan tim kamu. Untuk para mid laner, ada beberapa catatan yang harus kamu perhatikan.

formasi terbaik mobile legends mage midlane

Pertama, posisikan tanker dan mage sebagai hero yang menahan gempuran minions dan hero lawan dari mid lane. Untuk hero support, kamu bisa membuatnya roaming ke marksman di gold laner sebagai pelapis ataupun assist antisipasi ada hero lawan yang mengganggu farming.

Support juga boleh roaming ke offlaner jika memang ada kendala di lane tersebut. Misalnya, hero offlaner kena kill dan turret terserang oleh lawan. Bila dibutuhkan, kamu juga bisa memberi assist untuk menahan gempuran hero lawan di offlaner.

Mengingat hero support dalam posisi ini akan lebih banyak bergerak, maka mid laner harus bisa menahan gempuran lawan setidaknya sampai offlane dan gold lane aman dari lawan.

Kalau taktik ini berjalan mulus, biasanya sebelum mid game juga hero gold lane dan offlane sudah berada dalam kondisi siap tempur sehingga bisa bantu ganking di mid lane.

formasi terbaik mobile legends nana midlane

Selain itu, mid laner juga harus sigap mengambil buff merah dan biru sesuai kebutuhan dan melakukan rotasi baik dengan gold laner maupun offlaner. Pastikan mid lane aman terlebih dulu.

Rekomendasi herohero yang bisa kamu gunakan di antaranya adalah Beatrix atau Clint di gold lane, kemudian Pharsa, Franco dan Nana di mid lane, serta Aldous di offlane.

Dengan komposisi tersebut, setidaknya Nana yang lebih ke offensive support bisa bantu Beatrix atau Clint di gold lane dan Aldous kalau ia kewalahan.

Pharsa juga bisa dikawal oleh Franco agar ia dapat menggempur minions dan hero lawan di mid lane. Jika Franco sudah bisa ulti, dijamin lawan tidak berkutik di mid lane.

Baca juga: Baru Download Mobile Legends? Coba 24 Hero Tanpa Mekanik Rumit Ini Sob!

Formasi 2-1-1-1

Saat ini, formasi terbaik Mobile Legends yang populer diterapkan adalah formasi 2-1-1-1. Alasannya adalah, banyak hero spesialis mid lane, offlane dan gold lane yang lebih bisa dilepas seorang diri.

Dengan formasi ini, kamu akan menjadikan gold laner tim kamu sebagai core di mid game karena kamu akan fokus mengalokasikan gold untuk beli item bagi gold laner.

Sementara untuk posisi lainnya, kamu menempatkan 1 hero di mid lane, 1 hero untuk jungler dan 1 hero untuk offlaner. Ketiga hero tersebut akan memiliki tanggung jawab lebih berat karena harus mempertahankan lane seorang diri sampai roamer atau cover datang.

formasi terbaik mobile legends claude goldlane

Cover atau roamer akan fokus menemani gold laner terlebih dulu dengan tujuan menjaga gold laner agar terhindar dari gempuran hero lawan.

Role yang cocok untuk posisi-posisi tersebut adalah marksman dan tanker atau support di gold lane, sementara jungler diisi oleh assassin atau fighter, mid lane masih oleh mage, dan offlane oleh hero fighter dengan HP atau movement speed yang baik.

Formasi terbaik Mobile Legends ini dapat kamu terapkan dengan memberi kesempatan bagi gold laner untuk farming yang di-cover oleh support atau tanker.

Hero lainnya harus bisa menahan lane hingga hero gold laner mencapai minimal level 4 sehingga support bisa roaming ke jungle atau mid lane.

formasi terbaik mobile legends yu zhong offlane

Kamu akan membiarkan offlaner seorang diri hingga mid game, jadi pastikan kamu menggunakan hero yang benar-benar mandiri dan bisa bertahan dari potensi kena kill hero lawan.

Tips yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengalihkan perhatian hero lawan ke arah gold lane, mid lane atau jungle supaya offlaner bisa satu lawan satu dengan hero lawan. Kalau kamu tidak menerapkan ini, bisa-bisa offlaner kamu kena ganking lawan.

Formasi terbaik Mobile Legends ini akan bisa efektif jika kamu menggunakan hero marksman seperti Clint atau Claude di gold laner, kemudian pelapisnya adalah Estes, Rafaela atau Khufra.

Sementara itu, mid lane bisa kamu isi dengan Cecilion atau Yve, dan untuk offlane-nya bisa diisi oleh Yu Zhong, Ruby atau Badang. Jungler boleh diisi oleh Yin, X.Borg atau Chou.

formasi terbaik mobile legends estes cover hero

Estes bisa memberikan support yang sangat baik untuk hampir semua rekan tim kamu, dan bisa roaming juga untuk membantu mid lane bahkan offlane bila perlu.

Cecilion dengan stack-nya bisa bikin lawan di mid lane lari terbirit-birit karena ada serangan ulti random serta asupan mana yang tidak akan habis-habis. Ruby, Badang atau Yu Zhong di offlane juga akan Tangguh menghadapi hero lawan seorang diri.

Chou bisa dengan cepat farming buff merah dan biru dengan skillset-nya sehingga bisa sesekali rotasi dengan offlaner atau mid laner. X.Borg dan Yin akan lebih cocok beralih dan fokus ke mid lane setelah mereka puas dapat buff dan mengalahkan Turtle.

Pastikan kamu selalu alihkan perhatian lawanmu ke midlane atau jungle supaya offlaner bisa menembus pertahanan lawan dari samping.

Baca juga: 6 Hero Support Mobile Legends Terbaik 2022, Lengkapi Formasi Timmu!

Formasi 2-2-1

Apabila kamu kurang percaya diri dengan formasi 2-1-1-1, opsi formasi terbaik Mobile Legends satu ini bisa kamu gunakan untuk meng-cover mid lane.

Misalnya, kamu tidak yakin kalau hero mid lane kamu bisa menahan gempuran lawan seorang diri, maka kamu bisa menambahkan satu hero cover yang membantu hero mid laner tim kamu.

Gold laner akan ditemani juga oleh satu support atau tank, sementara offlaner masih akan ditelantarkan seorang diri.

Keuntungannya dengan formasi ini, akan ada banyak rotasi yang bisa kamu lakukan.

formasi terbaik mobile legends lolita gold lane

Pertama, hero support atau pelapis di mid lane bisa ikut menjaga offlaner jika diperlukan. Kedua, hero pelapis gold laner juga bisa turun ke mid lane untuk menggantikan hero support yang memberi assist ke offlaner.

Apabila gold laner sudah full upgrade, mid laner juga bisa naik jadi gold laner ataupun offlaner. Sementara offlaner bisa farming buff HP atau speed dengan bantuan mid laner. Offlaner nantinya bisa kembali lagi ke posisi semula setelah mendapat support dan buff yang cukup.

Dengan formasi hybrid penuh rotasi ini, kamu akan mengandalkan banyak hero dengan ketahanan tubuh yang Tangguh, HP tebal serta movement speed yang oke.

formasi terbaik mobile legends terizla bantu midlane

Di gold lane, hero seperti Roger atau Edith bisa jadi opsi untuk kamu gunakan. Pelapis Roger bisa oleh hero Lolita atau Tigreal. Tigreal juga bisa kamu tempatkan sebagai pelapis mid lane.

Mid lane dalam formasi ini akan cocok ditempati oleh Kagura, Esmeralda atau Selena. Lapisi mereka dengan Sun, Phoveus atau Terizla. Jika kamu bisa meninggalkan mid lane, Phoveus dan Terizla mampu rotasi dengan offlaner.

Untuk posisi offlaner dalam formasi ini, kamu bisa andalkan Paquito atau Lapu-Lapu yang merupakan spesialis early game dengan damage yang sakit.

Kalau kamu mau tantangan, kamu bisa tempatkan Alice atau Lylia sebagai offlaner karena mereka punya skill yang bisa membuat mereka sulit dibunuh.

formasi terbaik mobile legends edith offlane

Sebenarnya, menggunakan Edith di gold lane adalah hanya untuk upgrade item saja. Sisanya, kamu bisa jadikan Edith sebagai offlaner atau mid laner.

Untuk pengguna Sun, Terizla atau Phoveus, kamu bisa lari ke jungle saat mid lane sudah aman untuk membunuh Turtle dan ambil buff. Jangan lupa pantau situasi antara mid lane atau offlane jika mereka butuh bantuan.

Offlaner yang menggunakan Paquito atau Lapu-Lapu harus mampu tidak banyak kena kill lawan. Meskipun begitu, pelapis mid laner sebenarnya bisa menggantikan offlaner jika mereka harus terbunuh.

Apabila kamu memakai Lylia, tipulah lawan dan manfaatkan skill 2-nya untuk kabur sambil menyerang. Jika tidak mampu menahan gempuran, minta bantuan mid laner dengan cepat.

Baca juga: Build Edith Tersakit di Mobile Legends

Itulah formasi terbaik Mobile Legends yang bisa kamu terapkan di meta season 23 ML ini. Jangan lupa untuk melatih dan meracik formasi tersebut terlebih dulu supaya kamu menemukan posisi yang pas untuk para hero andalan kamu.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!