Keren! 22 Game Mendunia Ini Berlatar Indonesia! – Part 4

12. Joint Operations: Typhoon Rising

Berbeda dengan game-game yang sudah pernah di bahas sebelumnya yang berlatar waktu di masa kini atau masa lalu, Joint Operations: Typhoon Rising malah menampilkan skenario kehidupan di masa depan. Game yang dikembangkan oleh developer bernama NovaLogic ini beralur cerita tentang kondisi Indonesia yang hancur dan berada di ujung perpecahan karena serangan dari berbagai pihak terutama pemberontak dan separatis yang bertujuan untuk mendapatkan persenjataan canggih, lalu satuan militer nasional terbagi-bagi menjadi faksi yang berseteru.

Seperti kreasi NovaLogic lainnya, meski game ini memperoleh banyak pujian dan review yang tinggi,  Joint Operations tidak sepopuler Call of Duty atau Medal of Honor. Layaknya Delta Force, game ini juga dirilis hanya untuk platform PC.

Game ini berlatar tempat pada di Timor Lester yang secara historis pernah menjadi salah satu bagian dari Indonesia. NovaLogic patut diapresiasi karena berani mengambil lokasi di Indonesia dengan latar waktu 1998 yang saat itu sedang berkecamuk konflik dan kerusuhan akibat krisis ekonomi.

Di bawah pimpinan sebuah organisasi “Koalisi Bangsa-Bangsa”, dibentuklah dua tim pasukan khusus. Pertama, ada Tim Biru yang didominasi oleh negara-negara benua Eropa yang terdiri dari para prajurit elite yang dihimpun dan diseleksi dari berbagai negeri militer yang kuat seperti Inggris, Jerman, Perancis, Rusia, Australia, dan Indonesia. Kedua, ada Tim Merah yang diisi oleh sekelompok pemberontak yang siap menghancurkan Indonesia. Usai berhasil menjaga perdamaian di Timor-Timur, pasukan ini kemudian ditugaskan oleh Pemerintahan Indonesia untuk menetralisir pemberontakan serta gerakan-gerakan separatis.

Para pemberontak di sini diceritakan merasa bahwa mereka diperlakukan tidak adil oleh pihak pemerintah serta militer Indonesia yang begitu otoriter. Akibatnya, konflik semakin memanas dan tidak lagi bisa diredam. Terlebih saat terjadi ledakan bom di tiga titik lokasi berbeda yang didalangi oleh para pemberontak tersebut. Bahkan, ceritanya salah satu bom di antara ketiganya nyaris menewaskan presiden Indonesia.

13. Secret Files 2: Puritas Cordis

Dikisahkan dua karakter bernama Nina Kalenkov dan Max Gruber telah berpisah sejak peristiwa Tunguska yang terjadi pada prekuel game ini. Nina berlayar dengan kapal pesiar ke Portugal sedangkan Max terbang ke negara kita, Indonesia. Para tokoh utama di sini memang beberapa kali diceritakan sering berkunjung ke Indonesia. 

Namun, hubungan mereka kembali bertaut lantaran sedang terjadi suatu bencana alam yang besar di bumi. Padahal, di saat yang bersamaan, skenario yang meliputi letusan gunung berapi ini merupakan salah satu hal yang disebabkan oleh ulah teroris. Lagi-lagi Indonesia dianggap sebagai lokasi berbahaya.

Secret File 2 adalah game yang dipenuhi teka-teki dan perlu mengandalkan mekanik point-and-click. Game buatan Jerman telah dirilis pertama kalinya sejak tahun 2009 untuk platform Windows, Wii, hingga konsol genggam Nintendo DS.

 

14. Just Cause 2

Siapa tak kenal Rico Rodriguez? Game open-world ber-genre aksi petualang yang mirip seperti Grand Theft Auto alias GTA ini dirilis pada 2010 oleh penerbit Eidos Interactive dan dikembangkan oleh Avalanche Studios. Para gamers akan memainkan peran seorang agen mata-mata yang terkenal punya banyak alat unik untuk menjalankan misinya di sekuel game pertamanya, Just Cause. Di sekuel kedua game yang memberikan pemainnya kebebasan untuk menjelajahi dunia yang sangat luas ini secara langsung mengambil latar gabungan dari Asia Tenggara seperti Singapura, Indonesia, dan Malaysia.

Selain itu, di kepulauan fiktif bernama Panau ini, pemain bisa terjun ke lokasi dengan nama unik dan Indonesia banget seperti Kampung Pantai Berangin atau Kampung Anjing Gila, Kamp Bukit Tinggi, dan Bukit Gila Pangkat. Ada juga nama-nama karakter seperti Bahtiar Saleh dan Bolo Santosi yang pastinya itu semua merupakan nama-nama khas Indonesia. Game satu ini banyak di sukai oleh gamers karena memiliki peta yang luas membuat pemainnya bebas menjelajahi sambil berperang.

Nah, itu tadi ketiga game yang berlatar di Indonesia, menyadur konsep kebudayaan khas Indonesia, maupun dibuat langsung oleh developer asal Indonesia. Nantikan kelanjutannya di Part 5.

Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.

Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik dari VCGamers.

Add a comment