5 Kampus ini Cocok Buat Kamu yang Hobby Ngegame!

Gamer punya kampus? Kata siapa menjadi seorang gamers itu tidak punya masa depan? Aduh, Bapak dan Ibu, walau secara visual mereka terlihat menghabiskan waktunya di depan komputer, justru saat ini industri gaming sedang merajalela dan menguasai hampir sebagian besar dari industri yang berperan vital di dunia ini.

Layaknya para pemuda-pemudi seumurannya, seorang gamers hanya memiliki minat dan bakat yang berbeda dari pada umumnya siswa-siswi yang lebih banyak berorientasi pada pendidikan yang linear dan sejalan dengan jurusan semasa SMA-nya.

Akan tetapi, jangan salah loh, kelima kampus ini ternyata dinobatkan sebagai kampus terbaik di bidang game development.

Dilansir dari Urbanhire, bagi yang penasaran sebenarnnya siapa sih otak di balik pembuat games yang biasa khalayak mainkan?

Nah, dialah seorang game developer alias pengembang permainan video. Jadi mereka ini berprofesi sebagai seorang pengembang perangkat lunak, atau yang biasa disebut dengan software, dialah yang mengkhususkan diri dalam pengembangan permainan video games.

Tidak tanggung-tanggung loh, menjadi seorang game developer itu luar biasa bercuan mengalir deras!

Ga percaya? Penasaran ‘kan kampus apa saja yang cocok buat para gamers yang bermimpi ingin menjadi seorang game developer?

Eitss, tunggu dulu tapi, harap dibaca disclaimer berikut ini bahwasannya kriteria penilaian ranking kelima kampus ini didasarkan pada praktik terbaik dari lembaga pendidikan yang diakui di seluruh dunia untuk membandingkan masing-masing universitas.

Kriteria ini mencakup dua peringkat di bidang pendidikan Desain Game (Princeton Review Top Game Design Schools Rating dan Game Designing) dan lima peringkat umum berikut:

1. DigiPen Institute of Technology

kampus

DigiPen adalah kampus swasta yang didirikan pada tahun 1988 oleh Claude Comair.

Pada tahun 1998 mereka menjadi sekolah pertama di dunia yang menawarkan gelar sarjana dalam pengembangan video game.

Saat ini, DigiPen adalah sekolah terkemuka untuk game dan teknologi, yang saat ini sudah tersebar di beberapa wilayah di Amerika Serikat seperti Redmond, utamanya di Washington, Singapura, dan Spanyol.

2. University of Southern California (USC)

Sesuai namanya, University of Southern California sebagai sekolah swasta besar yang tentunya terletak di California, Los Angeles, Amerika Serikat.

Didirikan pada tahun 1880, USC Games dianggap sebagai salah satu yang terbaik di AS oleh Princeton Review.

Hal ini dicapai berkat kerjasama yang erat antara anggota Viterbi School of Engineering’s Department of Computer Science and the Interactive Media & Games Division.

Jadi, bagi kalian yang nanti minat bergabung melanjutkan studi di USC, kalian akan dipanggil sebagai anak teknik juga, lho.

Baca juga: Pemain Esports Indonesia dengan Level Dunia

3. Michigan State University (MSU)

michigan state university

Michigan State University didirikan pada tahun 1855 dan merupakan universitas riset publik di East Lansing, Michigan, yang lagi-lagi terletak di Amerika Serikat.

Program Desain dan Pengembangan Game di Michigan State University didirikan kembali pada tahun 2005, dan telah berkembang pesat menjadi program Peringkat 10 Teratas oleh Princeton Review.

Program ini melibatkan campuran disiplin ilmu dan latar belakang yang terdiri dari Desainer, Artis, dan Programmer.

4. University of Utah

Entertainment Arts and Engineering Master Games Studio (EAE: MGS, MEAE) memberikan kesempatan yang sangat menarik untuk terjun ke dunia desain videogame yang indah bagi mahasiswa yang mendaftar di University of Utah.

Ada empat kemungkinan jurusan buat para gamers untuk melamar master, master ya gengs bukan S1: Game Arts, Game Engineering, Game Production, atau Technical Art.

Plus ada banyak pilihan bagus dalam pengembangan video game.

5. Massachusetts institute of Technology (MIT)

Ini dia yang ditunggu-tunggu, si kampus numero wahid di dunia ternyata kali ini terletak di peringkat ke-5 untuk jurusan game development, gengs.

MIT diakui secara internasional sebagai salah satu sekolah teknik terbaik di dunia, ya tapi MIT ini sudah menang banyak di bidang lain soal ini, hehehe.

Sebenarnya, ada divisi baru yang disebut MIT Game Lab, yang menangani desain game dan e-sports, membantu melatih pembuat game generasi berikutnya.

Nah, buat kalian yang ingin coba masuk ke sini, selain minat dan bakat juga perlu diimbangi dengan prestasi akademik mumpuni.

Demikian review mengenai kelima kampus terbaik di dunia yang cocok bagi mereka yang passion-nya di bidang game development dan yang secara umum terletak di Amerika Serikat.

Sekali lagi, masa depan pemuda-pemudi bangsa bukan ditentukan dari linearitas jurusan, melainkan pada minat dan bakat setiap individu itu sendiri.

Tugas kita sebagai orangtua adalah menyalurkan minat dan bakatnya pada sebuah media yang tepat.

Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik dari VCGamers.

Add a comment